Kamis, 8 Juli 2021 / 28 Zulqa'dah 1442 H

Nasional

M. Najib Pimpin ICMI Jabar

muswil jabar
Bagikan:

Hidayatullah.com–Prof. Dr. H. Muhammad Najib akhirnya terpilih sebagai Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Jawa Barat 2011-2016. Demikian hasil dari acara Muswil ICMI Jabar yang berlangsung Ahad (27/11) di Gedung ICMI Bandung, bertepatan 1 Muharam 1433 H.

Dalam pemilihan yang hanya diikuti dua calon, yakni Prof. Dr .H. M. Najib dan Prof. Dr. H. Endin Nasrudin, keduanya berasal dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung, berlangsung dalam satu putaran. Dalam penghitungan suara yang berakhir Ahad malam tersebut M. Najib meraih suara terbanyak, 134 suara. Sementara Endin Nasrudin mendulang 129 suara. Panitia mencatat ada 4 suara abstain dan 8 suara dinyatakan tidak sah.

Usai ditetapkan sebagai Ketua ICMI Jabar yang baru, dalam sambutan pertamanya M. Najib mengatakan bahwa dalam masa kepemimpinannya nanti ICMI Jabar akan berusaha mengembangkan dan mewujudkan masyarakat madani, seperti tema Muswil kali ini, yakni “Manifestasi Hijrah Moral untuk Penguatan Masyarakat Madani”.

“Masyarakat Madani adalah masyarakat yang berperadaban dengan dilandasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan keseharian,” jelasnya.

Selain itu dirinya juga akan menata dan memaksimalkan fungsi ICMI sehingga ke depan keberadaan organisasi  cendekiawan muslim tersebut semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya umat Islam. Selama ini ada kesan ICMI kurang bergema dan kurang dirasakan manfaatnya oleh umat, padahal orang ICMI ada di berbagai lapisan dan posisi dalam masyarkat serta pemerintahan.

Untuk itu dirinya akan mengakomodasi potensi yang terhimpun dalam wadah ICMI tersebut sehingga keberadaan ICMI bisa menjadi salah satu pemecah problem bangsa, baik bidang politik, ekonomi maupun sosial. Najib juga bertekad akan menghidupkan dan meningkatkan sumber-sumber ekonomi keumatan, terutama usaha kecil dan menengah sehingga diharapkan umat Islam Jawa Barat khususnya bisa bangkit dan mendukung perekonomian nasional.

“Mari kita jadikan ICMI sebagai organisasi yang kuat dan mandiri yang mampu menjawab problem umat dan bangsa,” ajak M. Najib, saat ini menjabat sebagai Pembantu Rektor IV UIN Sunan Gunung Djati (SGD), mengakhiri sambutannya.

Keterangan foto: Prof. Dr H.M. Najib.

Rep: Ngadiman Djojonegoro
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

FPI: Pancasila Sudah Final

FPI: Pancasila Sudah Final

Idul Fitri Mungkin Hari Jumat, Hari ini Sidang Isbat

Idul Fitri Mungkin Hari Jumat, Hari ini Sidang Isbat

PKS Mandailing Siap Berantas Penyakit Masyarakat

PKS Mandailing Siap Berantas Penyakit Masyarakat

Pakar: Pendidikan Kita Kurang Mampu Hasilkan Siswa Kreatif

Pakar: Pendidikan Kita Kurang Mampu Hasilkan Siswa Kreatif

Memprihatinkan, Perokok di Indonesia Kini Terbesar Ketiga Dunia

Memprihatinkan, Perokok di Indonesia Kini Terbesar Ketiga Dunia

Baca Juga

Berita Lainnya