Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Tiga RPH di Jatim Miliki Sertifikat Halal

Bagikan:

Hidayatullah.com—Tiga Rumah Pemotongan hewan (RPH) yang ada di Jatim sudah mengantongi sertifikat halal dari LPPOM MUI, meliputi RPH Surabaya, Kediri, dan Blitar.

“Saat ini baru empat saja yang memiliki sertifikat, sebagian masih dalam proses pengajuan sertifikasi halal ke LPPOM MUI Jatim,” kata Adi Wirawan, staf LPPOM MUI Jatim, di Surabaya, Selasa (8/11/2011), dimuat laman Surya.

Menurutnya, data di LPPOM MUI, hanya 11% saja RPH yang sudah bersertifikat halal.  Sedangkan menurut data Kementerian Pertanian, dari 600 RPH hanya 20 yang sudah melaksanakan seluruh ketentuan tentang kesejahteraan hewan. Kondisi ini ironis karena mayoritas konsumen daging kalangan muslim.

Dia menambahkan, hari ini Selasa (8/11/) LPPOM MUI telah memberikan sertifikat halal bagi RPH Pasuruan, karena dianggap telah memenuhi syarat dalam menyembelih hewan qurban dengan mesin yang didatangkan dari Jerman.

Penyerahan sertifikat ini berbarengan dengan program Super Gizi Qurban yang digagas Yayasan Yatim Mandiri  yang telah bekerjasama dengan RPH Pasuruan dalam penyembelihan hewan qurban.

Selain penyerahan sertifikat, LPPOM MUI juga menilai kebersihan dan kesehatan proses penyembelihan sehingga layak dikonsumsi masyarakat.*

Rep: Ama Farah
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Tugas Guru Bukan Hanya Mentransfer Ilmu, Tapi  Mengajaran Keteladanan

Tugas Guru Bukan Hanya Mentransfer Ilmu, Tapi Mengajaran Keteladanan

Hai’ah Ash-Shofwah Al-Malikiyyah Tegur Keras Muwafiq

Hai’ah Ash-Shofwah Al-Malikiyyah Tegur Keras Muwafiq

MUI Akui 45 Lembaga Halal Dunia

MUI Akui 45 Lembaga Halal Dunia

Malam Ini, Syi’ah Indonesia Deklarasikan Organisasi Baru

Malam Ini, Syi’ah Indonesia Deklarasikan Organisasi Baru

LPOI Sebut Miss World Acara Foya-foya

LPOI Sebut Miss World Acara Foya-foya

Baca Juga

Berita Lainnya