Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Unsoed Canangkan Kampus Bebas Rokok

Bagikan:

Hidayatullah.com–Universitas Soedirman (Unsoed) mencanangkan diri sebagai Kampus Bebas Rokok untuk menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif. Pencanangan tersebut juga merupakan tindak lanjut dari sosialisasi yang dilakukan Pembantu Rektor III, Imam Santoso baru-baru ini.

Menurut Imam, kawasan penting kampus agar bebas dari kepulan asap tembakau, utamanya: ruang kuliah (tempat belajar-mengajar), laboratorium, perpustakaan, dan ruang kerja pegawai dan dosen.

“Jika diperlukan dapat juga dipertimbangkan, kalau ada yang melanggar dapat dikenakan sanksi,” ujar Imam, seperti yang dikutip laman Unsoed, Kamis (27/10/2011).

Berpijak dari  berbagai alasan, lanjutnya, upaya fasilitasi Kawasan Bebas Rokok (KBR) mengandung arti penting  untuk tidak ditunda lagi, sehingga akselerasi  pengurangan  kepulan asap tembakau menjadi berkurang  dan pada akhirnya harapan untuk tumbuh kembang secara sehat lebih dapat dioptimalkan.

“Perlu diketahui bahwa  upaya  KBR ini tidak dimaksudkan untuk membatasi  perokok aktif, namun terutama untuk melindungi perokok pasif dari kemungkinan terpapar oleh racun akibat asap rokok,” ungkap Imam.
 
Bahkan, menurutnya, beberapa riset membuktikan anggaran untuk membeli rokok justru lebih besar dari pada anggaran untuk membeli media cetak, khususnya pada warga di banyak negara yang mana jumlah perokok dan jumlah manusia yang berpotensi merokok (potensial smokers) ini meningkat.

“Tentu saja temuan ini memberikan keprihatinan bagi kita semua, karena upaya mencerdaskan bangsa dikalahkan dan atau mengalami kendala oleh upaya korporasi rokok,” papar Imam.*

Keterangan foto: Kampus Universitas Soedirman.

Rep: Ama Farah
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Presiden PKS:  Masa Kritis ini Akan Segera Berakhir

Presiden PKS: Masa Kritis ini Akan Segera Berakhir

Survei Indikator: Isu Ekonomi Lebih Banyak Menilai Negatif

Survei Indikator: Isu Ekonomi Lebih Banyak Menilai Negatif

BI Berniat Bantu Kaji Pengelolaan Dana Haji

BI Berniat Bantu Kaji Pengelolaan Dana Haji

Unilever Terpaksa Tutup Satu Pabriknya Karena Covid-19

Unilever Terpaksa Tutup Satu Pabriknya Karena Covid-19

KH Ma’ruf Amin: Bermasalah, Keputusan MK Soal Penghayat Kepercayaan

KH Ma’ruf Amin: Bermasalah, Keputusan MK Soal Penghayat Kepercayaan

Baca Juga

Berita Lainnya