Selasa, 7 Desember 2021 / 2 Jumadil Awwal 1443 H

Nasional

Kadin Dukung UEA Investasi pada Perbankan Syariah

Bagikan:

Hidayatullah.com–Ketua Umum Kadin Indonesia mendukung penuh investasi keuangan dan perbankan syariah UAE (Uni Emirat Arab) di Indonesia. Komitmen tersebut disampaikan langsung pada saat pertemuan Delegasi UAE Islamic Financial Services (UIFS) yang terdiri dari 30 CEO perbankan dengan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Pusat, Suryo Bambang Sulisto di Gedung Menara Kadin, Jakarta.

Pertemuan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan kunjungan Delegasi UIFS ke Indonesia, yang diprakarsai oleh KJRI Dubai.

Diberitakan laman Pikiran Rakyat, Senin (24/10/2011), Ketua Umum Kadin Indonesia yang didampingi oleh Fachry Thaib, Ketua Kadin Komite Timur Tengah dan Negara-Negara OKI, dalam paparannya di hadapan sekitar 30 CEO/Managing Director perbankan dan institusi keuangan syariah terkemuka UAE, menggarisbawahi capaian kemajuan perekonomian Indonesia sebagai emerging economy di tengah krisis global sejak 2008 dengan pertumbuhan positif sekitar 6,5%.

Kondisi itu berkat kekuatan fiskal dan moneter serta peningkatan sekitar 30% performa investasi dan perdagangan Indonesia pada beberapa tahun terakhir. Dengan kekuatan tersebut secara linier telah membuka luas peluang di sektor keuangan dan perbankan nasional, termasuk dalam sistem syariah bagi investasi asing.

Dari 34 bank syariah nasional yang ada, telah memiliki market share 3,3% pada 2010 dengan total aset sebesar US$ 13 milyar dan diharapkan akan meningkat menjadi 3,7% pada 2011, tegas Suryo. Angka tersebut masih jauh dari potensi yang sesungguhnya sehingga diyakini besarnya peluang investasi sektor keuangan dan perbankan syariah Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor asing.

Untuk itu Ketua Umum Kadin Indonesia kembali menegaskan komitmen Kadin Indonesia serta seluruh anggotanya untuk memfasilitasi dan mendukung penuh keinginan Delegasi UIFS untuk menanamkan modalnya di Indonesia, tidak hanya pada sektor keuangan dan perbankan syariah, namun juga sektor industri, infrastruktur, pertanian, perdagangan dan sektor-sektor lainnya.

Konsul Jenderal RI Dubai, Mansyur Pangeran, yang turut mendampingi Delegasi UIFS selama kunjungan ke Indonesia, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas perhatian dan dukungan Ketua Umum Kadin Indonesia beserta seluruh jajaran pengurus dan anggotanya terhadap misi kunjungan Delegasi UIFS. Diyakini dengan dukungan penuh Kadin Indonesia keinginan kuat para investor UAE untuk berinvestasi di Indonesia dapat semakin direalisasikan.

Lebih lanjut Konjen Mansyur mengharapkan melalui pertemuan tersebut akan dicapai kerja sama bisnis yang erat antara para investor keuangan syariah UAE dengan mitra kerja terkait di Indonesia sehingga keinginan kuat Delegasi UIFS untuk menanamkan investasinya pada sektor keuangan dan perbankan syariah serta sektor-sektor lainnya di Indonesia dapat segera terealisasikan.

Para CEO sebelumnya telah bertemu dengan berbagai pihak yang terkait mengenai ketentuan, peraturan dan kebijakan mengenai perbankan syariah dan perbankan konvensional dan telah pula bertemu dengan para bankir Indonesia, serta ketua dan anggota asosiasi perbankan syariah, dan telah pula mengikuti seminar sehari di Hotel Indonesia Kempinski mengenai tantangan dan peluang investasi di bidang perbankan syariah di Indonesia.

Mereka sangat puas atas kunjungan tersebut dan menyatakan telah membuka keinginan mereka untuk melakukan kerja sama, partnership ataupun investasi di bidang keuangan dan perbankan syariah. Mereka juga menyampaikan apresiasinya kepada KJRI Dubai yang telah merencanakan dan mengatur pertemuan serta mendampingi selama kunjungan delegasi tersebut.

Selain bertemu dengan Ketua Umum Kadin Indonesia Pusat, Delegasi UIFS juga telah mengadakan pertemuan dengan Dirjen Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan RI, Staf Ahli Menteri Keuangan RI Bidang Penerimaan Negara, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Ketua Umum Himbara, Ketua Umum Perbanas, Ketua Umum IBI, Ketua Asbisindo, Ketua AAJI serta melakukan B to B Meeting dengan pimpinan perbankan terkemuka nasional baik swasta maupun nasional dan para pelaku usaha terkait lainnya.

Dalam memimpin delegasi UAE tersebut, Konjen RI Mansyur Pangeran didampingi Heru Sudradjat, Counsellor Ekonomi dan Fajar Nuradi, Sekretaris Pertama Ekonomi.*

Keterangan foto: Kota di Uni Emirat Arab.

Rep: Ibnu Sumari
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

vaksin-covid-19-gaza

Presiden: Vaksin Covid-19 Diusahakan Tiba di Indonesia Akhir November

Produk Sekularisasi Pendidikan Jadikan Manusia Barbar Modern

Produk Sekularisasi Pendidikan Jadikan Manusia Barbar Modern

Menjaga Kesehatan Bagian dari membangun Peradaban Islam

Menjaga Kesehatan Bagian dari membangun Peradaban Islam

Pemerintah dan DPR Ubah RUU HIP Jadi RUU BPIP, Puan Minta Polemik Diakhiri

Pemerintah dan DPR Ubah RUU HIP Jadi RUU BPIP, Puan Minta Polemik Diakhiri

Calhaj Bergerak dari Madinah ke Mekah Mulai 11 Oktober

Calhaj Bergerak dari Madinah ke Mekah Mulai 11 Oktober

Baca Juga

Berita Lainnya