Senin, 24 Januari 2022 / 20 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

Jamaah Haji Masih Keluhkan Jarak Pondokan-Masjidil Haram

Bagikan:

Hidayatullah.com–Meski tempat tinggal para calon jamaah haji selama di Makkah kini sudah lebih dekat dari pada musim haji sebelumnya, jamaah tetap mengeluhkan jarak pemondokan. Mereka banyak yang merasa, jarak sekarang masih terlalu jauh.

“Bagi kami yang perempuan dan kaum ibu yang berusia lanjut, jarak pondokan kami ke Masjidil Haram masih jauh. Katanya sih kurang dari dua kilo meter, tapi kami merasa seperti tiga kilo meter. Pokoknya jauh,” kata Nur Aisyah, jamaah asal Belawan, Medan, di Makkah, Ahad (22/10/2011), dilaporkan laman Kemenag.

Aisyah yang tinggal di pemondokannya di Bakhutmah, mengatakan, setiap harinya untuk sekali jalan ke Masjidil Haram, harus menempuh waktu  minimal satu jam lamanya. Waktu perjalanan selama ini diperlukan karena ia bersama jamaah lainnya pergi dengan berjalan kaki.

Menanggapi keluhahan para jamaah, Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah, Arsyad Hidayat, mengatakan, angkutan umum memang tidak disediakan bagi jamaah yang tinggal kurang dari 2.000 meter dari Masjidil Haram. Ini sesuai dengan kebijakan pemerintah Arab Saudi. Untuk itu jamaah memang mau tidak mau mesti berjalan kaki bila hendak pergi ke Masjidil Haram.

“Kalau sekarang ada, angkutan itu milik pribadi orang Makkah saja. Angkutan umum resmi memang tak disediakan untuk jarak kurang dari dua kilometer,” kata Arysad.

Menurut dia, meski sekarang masih ada mobil omprengan, dalam jangka waktu dua tiga hari ke depan, angkutan umum seperti yang beroperasi di area Bakhutmah itu, akan percuma saja. Sebab, nantinya lalu lintas ke Masjidil Haram akan macet total. Jadi pergi berjalan kaki malah menjadi pilihan terbaik.*

Rep: Ibnu Sumari
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

UGM Teliti Metode HoBI

UGM Teliti Metode HoBI

FUI: Polisi Harus Tindak Tegas Pembunuh Ustadz

FUI: Polisi Harus Tindak Tegas Pembunuh Ustadz

Fenomena Spirit Doll, Buya Yahya: Dalam Islam Adopsi Boneka untuk Dijadikan Anak Tidak Boleh

Fenomena Spirit Doll, Buya Yahya: Dalam Islam Adopsi Boneka untuk Dijadikan Anak Tidak Boleh

anggota dpr uu ite

Soal Penggunaan UU ITE, DPR Usulkan Tersangka yang Terlanjur Ditahan Segera Dibebaskan

10-12 Pimpinan Negara Akan Hadiri KTT OKI di Jakarta

10-12 Pimpinan Negara Akan Hadiri KTT OKI di Jakarta

Baca Juga

Berita Lainnya