Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Baznas Bangun Balai Pengobatan di Sidoarjo

Bagikan:

Hidayatullah.com– Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerjasama dengan Perusahaan Gas Negara, Metro TV, dan Yayasan Al Chusnaini Sidoarjo, membangun balai pengobatan dengan nama “Rumah Sehat BAZNAS-Metro TV-PGN Sidoarjo” di Dusun Pasegan Kulon, Desa Kloposepuluh, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. Peletakan batu pertama dilaksanakan Rabu (21/9), dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, Direktur Utama PGN, Hendi Prio Santoso, dan Ketua Bidang Program Baznas, Laksda TNI (Purn) H Hussein Ibrahim.

Kadiv Corporate Secretary Baznas, Hermin Rachmawantie, mengatakan, rumah sehat tersebut dibangun di atas lahan wakaf seluas 1.500 meter persegi. Manfaatnya akan dirasakan masyarakat miskin pada Desember 2011 nanti.

Pelayanan yang diberikan mulai dari pencegahan hingga pemulihan kesehatan, yang terbagi menjadi dua jenis; pelayanan dalam ruang dan pelayanan luar ruang. Pelayanan dalam ruang terdiri atas Layanan Dokter Umum, Unit Gawat Darurat, Poliklinik Gigi dan Mulut, Layanan Dokter Spesialis, Konsultasi Psikologi dan Perkawinan, Unit Farmasi, Pelayanan Ambulans, Unit Laboratorium, Ruang rawat Inap dan Khitan Massal.

Sedangkan pelayanan luar ruang diwujudkan melalui program-program seperti Pondok Sehat Terpadu, Masyarakat Tanggap Bencana, Program Komunitas Sehat, Program Ukhuwah Kesehatan, Sentra Kesehatan, Program anak Sekolah Sehat dan Dokter Keluarga Pra sejahtera.

Untuk memperoleh layanan kesehatan yang berwujud gratis ini, masyarakat miskin cukup mendaftarkan diri menjadi anggota Rumah Sehat BAZNAS-Metro TV-PGN Sidoarjo dengan menyertakan surat keterangan tidak mampu dan fotokopi KTP. Selanjutnya, pendaftar akan disurvei untuk memastikan kondisi ekonominya. Jika memenuhi kriteria, maka layanan Rumah Sehat BAZNAS-Metro TV-PGN Sidoarjo dapat segera dinikmati.

Biaya pembangunan rumah sehat mencapai Rp3,2 Miliar, dan setiap bulannya dianggarkan senilai Rp100 – 150 juta untuk melayani masyarakat miskin dengan berbagai penyakit.

Ketua Bidang Program Baznas, Laksda TNI (purn) H Hussein Ibrahim mengatakan, program ini merupakan upaya Baznas untuk memuliakan kaum Dhuafa. “Jika mereka sehat, mereka bisa beribadah dan mencari rezeki untuk keluarganya,” katanya.

Selain di Sidoarjo, tahun ini BAZNAS membangun Rumah Sehat di tiga kota, yaitu di Yogyakarta, Makassar, dan Kalimantan Timur. Sebelumnya BAZNAS telah memiiki Rumah Sehat di kompleks Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta yang hingga saat ini memiliki lebih dari 31 ribu anggota.*

Rep: Ibnu Syafaat
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Ketua MUI KH Ma’ruf Amin Terima Doktor Kehormatan

Ketua MUI KH Ma’ruf Amin Terima Doktor Kehormatan

Kerjasama UIN Jakarta – Iran Dinilai Muluskan Ekspansi Ideologi Imamah Syiah di Indonesia

Kerjasama UIN Jakarta – Iran Dinilai Muluskan Ekspansi Ideologi Imamah Syiah di Indonesia

Ba’asyir: Ahmadiyah Lebih Kejam dari PKI

Ba’asyir: Ahmadiyah Lebih Kejam dari PKI

Gugas Covid-19: Pemerintah Kaji Kemungkinan Pelonggaran Pembukaan Masjid

Gugas Covid-19: Pemerintah Kaji Kemungkinan Pelonggaran Pembukaan Masjid

Atasi Pecandu Narkoba, Kelantan Kerjasama dengan PP Inabah

Atasi Pecandu Narkoba, Kelantan Kerjasama dengan PP Inabah

Baca Juga

Berita Lainnya