Senin, 6 Desember 2021 / 30 Rabiul Akhir 1443 H

Nasional

UMY Beri Beasiswa Penghafal Al Quran

Bagikan:

Hidayatullah.com–Sebagai bentuk penghargaan kepada para penghafal Alquran, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan beasiswa kepada 10 orang penghafal Al Quran (hafidz) dari berbagai daerah untuk melanjutkan pendidikan tinggi di kampus tersebut. Penerima beasiswa ini akan berkuliah di jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Agama Islam (FAI) UMY dan tergabung dalam  Program Kader Mubaligh Indonesia (PKMI) yang merupakan program khusus bagi calon mubaligh penghafal Al Quran.

Menurut Ketua Jurusan KPI FAI UMY, Dr. Nawari Ismail, M. Ag, di kampus terpadu UMY, Rabu (14/09), pemberian beasiswa ini merupakan bentuk penghargaan kepada para penghafal Al Quran, sekaligus memberikan kesempatan kepada mereka untuk mendapatkan pendidikan lebih tinggi.

Dilihat dari perspektif dakwah, para hafidz dan hafidzah sebenarnya memiliki modal luar biasa untuk aktivitas syiar Islam. Kalau mereka diberi kesempatan melanjutkan pendidikan lebih tinggi tentu saja akan menjadi dai atau mubaligh luar biasa untuk umat. Namun sayangnya banyak di antara para penghafal Al Quran tersebut tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi karena alasan ekonomi.

Lebih lanjut dijelaskan, bentuk beasiswa yang diberikan adalah pembebasan biaya SPP tetap dan SPP variabel. “Beasiswa akan diberikan sampai mereka selesai studi, namun dengan beberapa syarat. Salah satunya Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tiap semester tidak kurang dari tiga sehingga kualitas mereka juga terjaga,” katanya.

Program pemberian beasiswa ini selanjutnya akan menjadi unggulan UMY dan akan dilakukan setiap tahun dengan peserta lebih banyak.

“UMY memiliki komitmen tinggi untuk memfasilitasi orang-orang spesial ini. Tahun ini kami sebenarnya menargetkan mendapat 15 orang penerima beasiswa, namun akhirnya hanya 10 orang yang lulus seleksi. Tahun depan ditargetkan meningkat menjadi 20 peserta,” terangnya.

Dijelaskan Nawari, yang dapat mengikuti seleksi beasiswa ini adalah para lulusan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang hafal paling tidak empat juz Al Quran.*

Rep: Ibnu Sumari
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

MUI Mengutuk Keras Penyerangan Terhadap Hermansyah

MUI Mengutuk Keras Penyerangan Terhadap Hermansyah

jenazah covid

Kasus Baru Covid-19 di Indonesia sebanyak 4.394

Dzikir Anti-korupsi Majelis Az Zikra

Dzikir Anti-korupsi Majelis Az Zikra

Din Akhirnya Mundur dari MUI

Din Akhirnya Mundur dari MUI

UAS Minta Komnas HAM Usut Tuntas Penembakan Anggota FPI: Allah Tolong, Selesai Masalah

UAS Minta Komnas HAM Usut Tuntas Penembakan Anggota FPI: Allah Tolong, Selesai Masalah

Baca Juga

Berita Lainnya