Rabu, 1 Desember 2021 / 25 Rabiul Akhir 1443 H

Nasional

Imam Besar Masjid Istiqlal Diskusi dengan Ulama Maroko

Bagikan:

Hidayatullah.com–Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof Dr KH Ali Mustafa Yaqub, MA, mengadakan diskusi dengan ulama Maroko, yang juga dihadiri sejumlah tokoh dan ulama terkemuka Maroko, bertempat di Wisma Duta KBRI Rabat.

Sekretaris III/Pelaksana Fungsi Pensosbud, Suparman Hasibuan, Selasa (23/8) menyebutkan, pertemuan yang diatur KBRI Rabat tersebut, dihadiri Dubes RI untuk Maroko, Tosari Widjaja, mantan Menteri Wakaf Yordania Dr. Abdessalam Abbadi, Said Hasan dari Palestina, serta sejumlah akademisi dan ulama terkemuka Maroko lainnya, antara lain Mohamed Amine Ismaili, Mohamed Karem el Filali, dan Soubihi Abdelrozak.

Duta Besar RI Tosari Widjaja, menyampaikan penghargaan bahwa pertemuan tersebut dimaksudkan untuk menjalin silaturrahmi antara ulama dari berbagai negara yang diharapkan pada gilirannya dapat memberikan konstribusi positif bagi hubungan antara Indonesia – negara Arab secara umum dan Indonesia-Maroko secara khusus.

Pada kesempatan diskusi tersebut, Prof Dr KH Ali Mustafa Yaqub, MA, antara lain menyampaikan gambaran tentang sejarah dan tradisi keilmuan di Indonesia yang tidak lepas dari peranan ulama Maroko, antara lain Maulana Malik Ibrahim Al Mahgribi (salah seorang Walisongo), pengembara Ibnu Batutah, dan pengarang Al Jurumiyah, Syeikh Sonhaj, yang bukunya dijadikan referensi wajib bagi mayoritas pesantren di Indonesia.

Sedangkan ulama dari Maroko menyampaikan pentingnya Indonesia sebagai negara Muslim terbesar dunia, diharapkan bersama dengan negara Muslim lainnya, dapat mengambil posisi sebagai motor penggerak kebangkitan umat Islam

Prof Dr KH Ali Mustafa Yaqub, MA dan mantan Menteri Wakaf Yordania Dr. Abdessalam Abbadi, berada di Maroko dalam rangka memenuhi undangan Raja Maroko, Mohamed VI pada Pengajian Ramadhan Hassaniah (Durus Hassaniah Ramadhaniah) di Istana Raja.

Telah menjadi tradisi para Raja Maroko sejak dahulu yang kerap mengundang ulama-ulama guna menyampaikan ceramah pada bulan suci Ramadhan di Istana Raja.

Selain para ulama Maroko, Raja Muhammed VI juga mengundang sejumlah ulama terkenal dari berbagai negara Islam untuk memberikan ceramah atau menghadiri acara tersebut.*

Rep: Ibnu Sumari
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

DSI Banda Aceh akan Sebarkan Da’i

DSI Banda Aceh akan Sebarkan Da’i

Muhammadiyah Harus Prioritaskan Indonesia Timur

Muhammadiyah Harus Prioritaskan Indonesia Timur

PKS membantu bencana

FPKS: Memisahkan Agama dari Politik itu Mengingkari Pejuang Bangsa dan Pancasila

[Berita Foto] Beribadah di Tengah Bencana

[Berita Foto] Beribadah di Tengah Bencana

Klarifikasi PB HMI, PII, dan GPII soal Kericuhan Usai Aksi Damai 411

Klarifikasi PB HMI, PII, dan GPII soal Kericuhan Usai Aksi Damai 411

Baca Juga

Berita Lainnya