Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Dewan Da’wah Aceh Fasilitasi Pendidikan Anak-Anak dari Perbatasan

Bagikan:

Hidayatullah.com–Dalam rangka kepedulian terhadap penyelamatan aqidah ummat dan peningkatan kualitas sumber daya manusia muallaf di Aceh, khususnya daerah perbatasan, Dewan Da’wah Islam Indonesia (DDII) Aceh pada Tahun Ajaran 2011/2011 memfasilitasi pendidikan 11 anak-anak dari Aceh Singkil untuk melanjutkan pendidikan di Pesantren Terpadu di Aceh Besar, yakni 5 orang anak yatim di Ma’had Ar-Rabwah Krueng Lam Kareung Indrapuri dan 6 anak dengan kategori fakir miskin di Pesantren Nurul Falah Abu Lam U.

Tetahun sebelumnya, 2010/2011, Dewan Da’wah juga telah memfasilitasi pendidikan 5 orang anak-anak muallaf dari Aceh Singkil untuk belajar di beberapa pesantren di Aceh Besar, masing-masing; Karmiati Manullang ditempatkan di Ma’had Putri Dar Maryam Samahani, tingkat Aliyah, Reduan Padang di Ma’had Ar-Rabwah Indrapuri tingkat Tsanawiyah, Yasri dan Alexanderr Bancin di Nurul Falah Abu Lam U tingkat Aliyah dan Anita Manullang di Dayah Darul Ihsan Krueng Kalee tingkat Tsanawiyah.

Mereka diprogramkan menjadi kader yang akan membina daerahnya setelah menyelesaikan pendidikan.

Fasilitasi yang dilakukan oleh Dewan Da’wah Aceh ini sebagai proses follow dari kegiatan pembinaan muallaf yang sudah dilaksanakan di daerah perbatasan (Aceh Singkil, Subulussalam dan Aceh Tenggara). Karena terbatasnya sumber daya manusia lokal (putra daerah) sehingga proses pembelajaran tentang keislaman tidak berjalan dengan baik, kendati sudah ada program da’i perbatasan dari Pemerintah Aceh melalui Dinas Syariat Islam.

Dewan Da’wah berinisitif menyekolahkan putra putri dari daerah perbatasan, untuk tahap awal dari pedalaman Aceh Singkil, dan menandatangani kontrak dengan orang orang tua masing-masing agar bersedia kembali ke kampung masing-masing untuk mengajari masyarakatnya.

Program ini terlaksana atas kerjasama dengan Yayasan Syeikh Eid Qatar, Yayasan Ash-Shilah, Pesantren Abu Lam U, Syeikh Abdullah dari Turki dan Ma’had Ar-Rabwah, Pengurus Daerah Dewan Da’wah Acejh Singkil, Baitul Mal Provinsi Aceh dan Baitul Mal Kabupaten Aceh Besar serta sejumlah donatur lainnya.

Karena itu Dewan Da’wah mengajak para dermawan ikut membantu program ini. Yang berminat, bisa menghubungi Dewan Da’wah Aceh di Jalan T. Nyak Arief No. 159 Lamgugob-Jeulingke Banda Aceh, telp. 0651-7406436 Fax (0651) 7551070 email; [email protected] atau Ali Amin 0811688173.*/Said, Banda Aceh

Rep: Muhsin
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Wakil Presiden China akan Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma’ruf

Wakil Presiden China akan Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma’ruf

Ngabalin: PBB Gagal, Saya Loncat ke Golkar

Ngabalin: PBB Gagal, Saya Loncat ke Golkar

ICMI Jatim Gelar Mushalla Award Ke-2

ICMI Jatim Gelar Mushalla Award Ke-2

Ceramah Ustadz Somad di PLN Dibatalkan, Panitia Minta Maaf pada Masyarakat

Ceramah Ustadz Somad di PLN Dibatalkan, Panitia Minta Maaf pada Masyarakat

Kaum Gay dan Lesbian Se-Asia Adakan Kongres di Surabaya

Kaum Gay dan Lesbian Se-Asia Adakan Kongres di Surabaya

Baca Juga

Berita Lainnya