Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

BMH Terbaik Peningkatan Dana, DD Sabet Tiga “The Best”

Bagikan:

Hidayatullah.com—Lembaga Amil Zakat Nasional milik ormas Hidayatullah, Baitul Maal Hidayatullah (BMH), berhasil meraih IMZ Award 2011 sebagai The Best Growth Fundraising Zakat 2010. Penghargaan ini diberikan atas penggalangan dana BMH yang pertumbuhannya dianggap terbaik se-Indonesia di antara organisasi pengelola zakat (OPZ) lainnya.

Dari 10 nominasi dalam kategori ini, dipilih tiga nominator, yaitu Dompet Dhuafa (DD), BMH, dan Lagzis. Meskipun nominal penggalian dana DD masih lebih banyak, namun dari sisi tingkat persentase pertumbuhan dana yang digali dari masyarakat, posisi BMH (41 %) di atas DD (39 %) dan Lagzis (11 %). Angka ini adalah penilaian dari tahun 2009 hingga 2010.

IMZ Award 2011 merupakan agenda rutin Indonesia Magnificence of Zakat (IMZ) untuk tahun ketiga. Ada 12 kategori lainnya dalam penghargaan yang diserahterimakan di Golden Ballroom AA1, Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (3/8) malam, di antaranya yaitu The Best Economic Development Program (Program Pendayagunaan Ekonomi Terbaik), diraih oleh Komunitas Usaha Mikro Muamalat berbasis Masjid (KUM3) Baitulmaal Muamalat dan The Best Disaster Management Program (Program Manajemen Kebencanaan Terbaik) yang direngkuh Al-Azhar Peduli Umat dengan kegiatan “Pipanisasi Merapi” beberapa waktu lalu.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meraih dua penghargaan sekaligus, yaitu sebagai The Best in Transparency Management (OPZ dengan Transparasi Terbaik) dan The Best Innovative Program (Program Inovasi Terbaik) lewat “Satu Keluarga Satu Sarjana”-nya.

Yang lebih patut diacungi jempol adalah DD. Selain terpilih sebagai The Best Education Program (Program Pendayagunaan Pendidikan Terbaik) dan The Best Empowerment Health Program (Program Kesehatan Terbaik), masing-masing atas kegiatan Smart Excellence dan “Layanan Kesehatan Cuma-Cuma”, DD juga didapuk sebagai OPZ dengan Pengumpulan Dana Terbanyak (The Biggest Zakat Collection 2010) pada 2010 lalu, yaitu senilai Rp 219.291.678.960, menyisihkan dua  nominator lain; Rumah Zakat Indonesia (Rp 134.214.802.875) dan Pos Keadilan Peduli Ummat (Rp 78.345.085.840).

Award ini diberikan pula kepada lembaga keuangan dengan kategori The Best Bank in Zakat Payment Services atau Bank dengan Layanan Pembayaran Zakat Terbaik, yang disematkan kepada Bank Permata Syariah.

Selain beberapa penghargaan di atas, IMZ Award 2011 juga memberikan apresiasi kepada dua sosok publik, yaitu Walikota Padang, Dr. H. Fauzi Bahar sebagai Tokoh Pengembangan Zakat Indonesia (Indonesian Zakat Development Figure), serta kepada mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI (alm) Hj. Yoyoh Yusroh. Khusus untuk almarhumah Yoyoh, penyelenggara menyematkan A Lifetime Achivement, sebuah penghargaan atas dedikasinya kepada bangsa dan masyarakat semasa hidupnya.

Tidak hanya nasional, lembaga zakat luar negeri juga dilirik oleh penyelenggara IMZ Award 2011 ini. Zakat Fund Jordan (ZFJ) berhak menyandang The Best International Zakat Organization Program, sebagai Lembaga Zakat Dunia dengan Program Terbaik. Pihak ZFJ berhalangan hadir dalam acara tersebut, sehingga penyerahan plakat award-nya ditunda beberapa waktu ke depan.

BMH sendiri menduduki peringkat dua perolehan suara OPZ Favorit Pilihan Masyarakat (Top of Mind Zakat Organization) yang di-polling melalui short message services (SMS). Di bawahnya secara berurutan Yayasan Yatim, PKPU, dan PPPA (Program Pembibitan Penghafal Al-Quran). Untuk peringkat pertama diraih Lagzis.

Meski terpilih sebagai lembaga zakat dengan tingkat pertumbuhan penggalangan dana terbaik se-Tanah Air, tidak membuat Direktur BMH, Wahyu Rahman lantas berpuas diri. Raihan ini, baginya, merupakan momentum untuk menjadi lebih baik.

“Harus ditingkatkan lagi,” ujarnya singkat dalam perjalanan pulang bersama Hidayatullah.com usai menerima IMZ Award 2011.*

Keterangan foto:
Direktur BMH, Wahyu Rahman saat menerima IMZ Award 2011;
Para penerima penghargaan berfoto bersama Walikota Padang, Dr. H. Fauzi Bahar dan petinggi IMZ.

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Mantan Anggota DPR: Politisi Muslim Harus Memiliki Kesadaran Berislam

Mantan Anggota DPR: Politisi Muslim Harus Memiliki Kesadaran Berislam

Keluarga Alumni KAMMI Tuntut Presiden Jokowi Pecat Kapolri Tito

Keluarga Alumni KAMMI Tuntut Presiden Jokowi Pecat Kapolri Tito

Ormas Islam Desak Polri Bubarkan Densus 88

Ormas Islam Desak Polri Bubarkan Densus 88

Syeikh Ali Hasan: Fitnah Terberat Umat adalah Syiah

Syeikh Ali Hasan: Fitnah Terberat Umat adalah Syiah

381 Jiwa Meninggal, Pemerintah Belum Tetapkan Gempa NTB Bencana Nasional

381 Jiwa Meninggal, Pemerintah Belum Tetapkan Gempa NTB Bencana Nasional

Baca Juga

Berita Lainnya