Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

1200 Peserta Ikut Kompetisi dan Ekspo Madrasah II Nasional

Bagikan:

Hidayatullah.com–Sebanyak 1200 peserta Kompetisi dan Ekspo Madrasah II tingkat nasional siap digelar pada 19-22 Juli di Jakarta dengan dibuka Menteri Agama Suryadharma Ali.

Dari peserta sebanyak itu, 200 di antaranya sebagai ofisial dari 33 propinsi, belum termasuk sekitar 3000 pengembira dari kawasan Jabodetabek akan ikut meramaikan kegiatan akbar tersebut, kata Direktur Pendididkan Madrasah pada Kementerian Agama, Drs. H.A. Saifudin MA kepada pers di Jakarta, Kamis (14/7).

Ia menjelaskan, event yang kedua setelah diselenggarakan di Malang pada 2009 lalu telah memperlihatkan hasil menggembirakan, yaitu munculnya para atlit dari kalangan madrasah berpotensi utuk dikembangkan secara berkelanjutan.

Karenanya, pada kegiatan sekali ini pihaknya melibatkan para pemandu bakat dari Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dengan harapan, para atlet memiliki potensi dapat perhatian untuk dibina secara berkelanjutan, katanya.

Esensi dari penyelenggaraan kompetisi dan ekspo madrasah tersebut, lanjut Saifudin, sebagai salah satu upaya meningkatkan kepekaan terhadap olahraga dan berkesenian. “Sehat jasmani dan rohani, di sisi lain merangsang para siswa madrasah untuk bersikap kreatif,” katanya.

Cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi bulutangkis, atletik, tenis meja, dan catur. Untuk bidang lain meliputi lomba pidato bahasa Inggeris, pidato bahasa Arab dan bahasa Indonesia, fahmil (pemahaman) Al Quran, MTQ, kaligrafi, busana muslim, dan cipta puisi isi kandungan Al Quran.

Untuk bidang olahraga, mengambil tempat di Sekolah Olahraga Ragunan Jakarta Selatan. Sedang untuk lomba lainnya siswa ditempatkan di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur.

Saifudin optimis kegiatan itu akan menghasilkan atlet berprestasi. Untuk itu pula para pemandu bakat dan ofisial dapat bekerja optimal sehingga pembinaan atlet dapat berkelanjutan.*

Rep: Syaiful Irwan
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Korban Meninggal Gempa-Tsunami Sulteng Jadi 1.234 Orang

Korban Meninggal Gempa-Tsunami Sulteng Jadi 1.234 Orang

BPN Desak Audit Forensik IT KPU secara Independen

BPN Desak Audit Forensik IT KPU secara Independen

5.000 Orang di Jabar Terinfeksi HIV/AIDS

5.000 Orang di Jabar Terinfeksi HIV/AIDS

Demo Nurmahmudi, Ormas Tagih Janji Bongkar Café Liar

Demo Nurmahmudi, Ormas Tagih Janji Bongkar Café Liar

[Berita Foto] Pameran Buku Islam IBF 2019

[Berita Foto] Pameran Buku Islam IBF 2019

Baca Juga

Berita Lainnya