Sabtu, 4 Desember 2021 / 28 Rabiul Akhir 1443 H

Nasional

Menteri Agama Apresiasi Kesuksesan Musabaqah

Bagikan:

Hidayatullah.com—Setelah berlangsung sekian hari sejak Ahad (19/6) lalu, akhirnya seluruh rangkaian Musabaqah Hafalan Al-Qur’an dan Hadits (MHQH) tingkat nasional berakhir pada Selasa (21/6) tadi. Proses perlombaan diadakan di Lembaga Penjaminan Mutu dan Pendidikan (LPMP) Jl. Nangka No. 60 Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Untuk penutupannya bertempat di Aula Masjid Istiqlal, Jakarta.

Menteri Agama RI sebenarnya dijadwalkan untuk menutup gelaran tahunan yang disponsori oleh Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Su’ud ini, namun karena suatu hal, Suryadharma Ali berhalangan hadir. Beliau mewakilkan penutupan MHQH secara resmi kepada Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI, Nasaruddin Umar.

Dalam sambutannya yang dibacakan Nasaruddin, Menag menyampaikan terima kasih kepada pihak penyelenggara musabaqah yang diadakan di Indonesia untuk kelima kalinya ini (sebelumnya diberitakan yang keempat kalinya).

“Perkenankan saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Duta Besar Kerajaan Saudi Arabia di Jakarta atas terselenggaranya musabaqah ini,” ujar Menag dalam teks sambutannya.

Suryadharma juga berharap MHQH lebih ditingkatkan lagi pada gelaran-gelaran berikutnya.

“Dan diperluas di masa mendatang,” pesan Menag dibacakan Nasaruddin.

Sebelumnya, Duta Besar Arab Saudi, Syaikh Abdurrahman Al-Khayyath turut memberikan sambutan. Selain mengucapkan terima kasih, Syaikh Abdurrahman juga mengapresiasi umat Islam Indonesia yang begitu antusias dengan musabaqah ini.

“Indonesia merupakan negara terbesar penduduk muslimnya yang memiliki banyak penghafal Al-Qur’an. Indonesia termasuk salah satu dari pada benteng-benteng Islam yang ada di dunia ini,” ujar Dubes Saudi tersebut sebagaimana yang disampaikan penerjemah.

Sementara itu, pada acara penutupan yang dihadiri pimpinan lembaga-lembaga Islam, tokoh masyarakat, utusan duta besar negara-negara Arab dan para peserta ini sekaligus juga diumumkan para pemenang lomba yang telah diputuskan sehari sebelumnya serta pemberian hadiah.

Berdasarkan surat keputusan dewan hakim MHQH tingkat Nasional dengan Nomor:  01/Kep.DH/MHQH.PS-NAS.V/2011 Tentang Penetapan Peserta Terbaik I, II dan III ditetapkan bahwa para pemenang lomba tersebut ialah sebagai berikut:

Golongan 30 juz; Khoirul Anwar dari LIPIA Jakarta (juara 1, hadiah Rp 36 juta), Muhammad Surur dari LPTQ Jakarta (juara 2, hadiah Rp 34 juta), dan Moh. Salim Ghazali dari LTTQ Jakarta (juara 3, hadiah Rp 32 juta);

Golongan 20 juz; Agus Nur Qowim dari Masjid Al-Azhar Jakarta (juara 1, hadiah Rp 29 juta), Arya Bima Setia Laksana dari LIPIA Jakarta (juara 2, hadiah Rp 27 juta), dan Eko Taqiyudin dari LTTQ Jakarta (juara 3, hadiah Rp 25 juta);

Golongan 15 juz; Aulia Rahman Iskandar dari Kafila Islamic Internasional School Jakarta (juara 1, hadiah Rp 22 juta), Kasyfun Nazir dari Masjid Al-Azhar Jakarta (juara 2, hadiah Rp 20 juta), dan Hajar Aswad dari PP Bina Madani Bogor (juara 3, hadiah Rp 18 juta);

Golongan 10 juz; Deden Bahroini dari PP Mazra’atul Mu’minin Banten (juara 1, hadiah Rp 15 juta), Akhmad Azhari Batubara dari Akademi Dakwah As-Sunnah Deli Serdang (juara 2, hadiah Rp 13), dan Muhammad Rizki dari PP Darul Qur’an Bogor (juara 3, hadiah Rp 11 juta);

Golongan hadits; Muhammad Ibnu Jauzi dari PP Nurul Hakim Lombok (juara 1, hadiah Rp 22 juta), Muhammad Zuhdi dari PP Al-Isryad Semarang (juara 2, hadiah Rp 20 juta), dan Arya Widaya Darma dari Ma’had Abu Bakar Demak (juara 3, hadiah Rp 18 juta).

Para pemenang musabaqah yang dihelat oleh Atase Agama Kedutaan Arab Saudi bekerjasama dengan Kementerian Agama RI ini nantinya akan diikutsertakan pada MHQH tingkat ASEAN Pasific yang akan diadakan pada 26-28 Juni 2011 di Masjid Istiqlal.

Keterangan foto:
1. Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI, Nasaruddin Umar ;
2. Penyerahan hadiah oleh Dubes Saudi, Syaikh Abdurrahman Al-Khayyath;
3. Para pemenang berfoto bersama

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Senator DKI: Kenapa DPRD Tak Kunjung Setujui Pelepasan Saham Bir?

Senator DKI: Kenapa DPRD Tak Kunjung Setujui Pelepasan Saham Bir?

Relawan Salam 2 Jari Ajukan Petisi, Ingatkan Jokowi

Relawan Salam 2 Jari Ajukan Petisi, Ingatkan Jokowi

Prabowo Tegaskan Menolak Hasil Penghitungan yang Curang

Prabowo Tegaskan Menolak Hasil Penghitungan yang Curang

hari besar keagamaan

PON Papua Tak Ditunda, Kiai Cholil: Menggeser Libur Hari Besar Keagamaan Sudah Tak Relevan

Anies Merujuk Ulama soal Kebijakan Pemprov terkait Tarawih

Anies Merujuk Ulama soal Kebijakan Pemprov terkait Tarawih

Baca Juga

Berita Lainnya