Jum'at, 26 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Nasional

93 Persen Kaum Muda Muslim Indonesia Merasa Bahagia

Bagikan:

Hidayatullah.com–Sebanyak 93,8% kaum muda Muslim di Indonesia mengatakan secara umum bahagia dengan kehidupan mereka dan 91,9% yakin mereka dapat bekerja atau belajar di bidang yang mereka pilih, ungkap hasil survei Goethe-Institut dan The Friedrich Naumann Foundation for Freedom bekerja sama dengan Lembaga Survei Indonesia dan Merdeka Center for Opinion Research Malaysia, yang hasil penelitiannya bisa diperoleh Rabu (15/6).

Hasil survei juga memperlihatkan 97,1% dari mereka berambisi dan ingin maju dalam karir. Menurut mereka, sukses dalam karir adalah penting dan responden mereka memberikan nilai 9,22 dari 10 poin bagi pendidikan perguruan tinggi.

Sebanyak 2.500 kawula muda berusia 15-25 tahun diberikan pertanyaan tentang nilai-nilai, impian dan idealisme mereka. Survei ini fokus pada pengembangan pribadi, orientasi keluarga, agama, politik, lingkungan sosial, gaya hidup dan nilai-nilai.

Para responden memberikan informasi yang lengkap tentang kehidupan keluarga mereka, kegiatan pada waktu luang, gol-gol pribadi dan profesional, orientasi politik mereka, dan peran agama Islam dalam kehidupan mereka.

Menurut hasil survei, keluarga inti memiliki peran yang besar dalam pengembangan pribadi kaum muda Muslim Indonesia. Sebanyak 95,3%  mengatakan hubungan dengan orang tua mereka “sangat baik”, sedangkan hanya 23,1% mengatakan mereka kerap bertengkar dan mempunyai opini yang berbeda.

Kaum muda Muslim Indonesia sangat berminat untuk memiliki keluarga sendiri dan 94,4% berpendapat hidup seseorang akan lebih bahagia bila mereka mempunyai keluarga dibandingkan dengan yang tidak, sedangkan 96,4% mengatakan mereka ingin punya anak, 71,6% menginginkan keturunan paling tidak dua anak; laki-laki atau perempuan.

Dalam pembahasan hal-hal yang berkaitan dengan Islam, kaum muda Muslim Indonesia tampaknya sangat menekankan nilai-nilai dan perilaku Islami. Bagi kaum muda Muslim Indonesia, agama menjadi aset sosio-psikologis untuk mendapatkan masa depan yang mereka inginkan di tengah perubahan dahsyat yang dialami masyarakat Indonesia saat ini.

Hampir 90% kaum muda Muslim Indonesia mempunyai rasa tanggung jawab kepada orang lain. Pada saat yang sama, mereka tampaknya sangat sibuk dengan kehidupan, berambisi dan bertekad untuk mencapai gol-gol mereka serta mandiri dalam membentuk kehidupan mereka.

Ketergantungan mereka terhadap teknologi mengubah gaya hidup kaum Muslim Indonesia secara drastis, khususnya bagi mereka yang hidup di kota besar. Sebanyak 95,2% mengatakan bahwa teknologi penting untuk mereka, dengan 83% memiliki telepon genggam.

Lima kegiatan waktu luang yang mereka paling minati adalah menonton televisi (78,7%), mendengarkan musik (55,8%), bertemu dengan teman-teman (46%), kegiatan bersama keluarga (34,6%), dan olahraga (29,7%).  Namun agaknya penelitian ini belum menyebutkan secara spesifik, acara televisi yang ditonton, jenis musik yang didengarkan, serta jenis olehraga yang dilakukan.*

Rep: Ama Farah
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Uskup Agung India: Kaum Muslim Mengajari Saya Memulai Ibadah Pagi Hari

Uskup Agung India: Kaum Muslim Mengajari Saya Memulai Ibadah Pagi Hari

Kolom Agama Diganti Kepercayaan di KTP-el Penghayat

Kolom Agama Diganti Kepercayaan di KTP-el Penghayat

Rakyat Gaza Mendoakan Ustadz Arifin Ilham

Rakyat Gaza Mendoakan Ustadz Arifin Ilham

Undang Ormas Perempuan, Panja Mulai Bahas RUU KKG

Undang Ormas Perempuan, Panja Mulai Bahas RUU KKG

Kemenag Seleksi 205 Hafizh Calon Imam Masjid di Uni Emirat Arab

Kemenag Seleksi 205 Hafizh Calon Imam Masjid di Uni Emirat Arab

Baca Juga

Berita Lainnya