Rabu, 19 Januari 2022 / 15 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

“Menghilang” Sejak Ramalan Kiamatnya Meleset

Bagikan:

Hidayatullah.com–Media di Amerika Serikat melaporkan Harold Camping tidak terlihat sejak prediksi kiamat yang dia siarkan itu ternyata salah. Kontak telepon dan e-mail ke Family Radio milik Harold Camping tidak dijawab. Dia memprediksikan kiamat terjadi pada Sabtu (21/5) tepat pukul 18.00 di berbagai zona waktu di belahan dunia.

Koran The Washington Post melaporkan layanan telepon untuk mencegah aksi bunuh diri dibuka untuk mengantisipasi kemungkinan orang-orang yang percaya dengan ramalan tersebut mengalami depresi setelah ramalan kiamat tidak menjadi kenyataan. Sekelompok warga dari Gereja Injil Calvary di Milpitas, California, mengadakan misa pagi untuk menghibur orang-orang yang percaya dengan isi ceramah Harold Camping.

”Kami hadir di sini sebab kami peduli kepada orang-orang ini,” tuliskoran New York Times mengutip James Bynum yang merupakan salah seorang pemuka gereja.

Namun, banyak warga Kristen menepis pandangan Camping. Sebagian bahkan menggambarkan dia sebagai ”nabi palsu”.

Sebagian kalangan atheis berpesta untuk merayakan melesetnya ramalan kiamat. Sedangkan, sekelompok orang yang tidak percaya berkumpul di luar markas Family Radio International milik Harold Camping di kawasan Oakland, California, ketika tenggat waktu ramalan berlalu.

”Ini mungkin salah satu hal sedih yang saya pernah baca, kabar bahwa ada anak-anak di luar sana yang orang tuanya menghabiskan dana tabungan kuliah dan menjual rumah mereka,” kata seorang wanita kepada BBC.

Camping mengatakan dia tahu tanpa secuil keraguan pun bahwa hari kiamat akan tiba. Dia menyatakan tidak ada rencangan cadangan.

Dia sudah pernah meramalkan kiamat pada tahun 1994. Para pengikutnya belakangan menyatakan ramalan itu hanya mengacu tahap antara.*

Rep: Akbar Muzakki
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Prof Dr Wahbah az-Zuhaili Serukan Persatuan Islam dari Indonesia

Prof Dr Wahbah az-Zuhaili Serukan Persatuan Islam dari Indonesia

Pemerintah Didesak Serius Atasi Masalah TKI di Luar Negeri

Pemerintah Didesak Serius Atasi Masalah TKI di Luar Negeri

RUU Ormas Belum Saatnya Disahkan

RUU Ormas Belum Saatnya Disahkan

watchdoc penghargaan

Watchdoc Raih Penghargaan Ramon Magsaysay 2021, Komnas HAM Beri Apresiasi

Sangat Optimistis Persatuan Umat Terwujud, Zaitun: Kuncinya Komunikasi

Sangat Optimistis Persatuan Umat Terwujud, Zaitun: Kuncinya Komunikasi

Baca Juga

Berita Lainnya