Jum'at, 26 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Nasional

NATO Terlibat Penghancurkan Rumah Qadhafi di Tripoli

Bagikan:

Hidayatullah.com–Pesawat tempur NATO yang beroperasi di Libya menarget kantor penguasa Libya Muammar Qadhafi di pemukimannya di ibu kota Tripoli.

Sedikitnya 45 orang terluka, 15 luka serius dalam serangan yang terjadi, AFP mengutip yang dikatakan pemerintah Libya pada hari Senin.

Beberapa korban mungkin masih berada di bawah puing-puing, menurut pemerintah Libya.

“Hal ini merupakan usaha pembunuhan Kolonel Qadhafi,” lanjutnya.

Awalnya, beberapa ledakan terjadi di pusat Tripoli setelah pesawat tempur NATO menjatuhkan bom di sepanjang kota Libya. Sinyal dari TV dalam negeri Libya dilaporkan terputus setelah ledakan.

Pemerintah AS beberapa hari yang lalu mendesak NATO untuk menyerang televisi dalam negeri Libya agar bisa memutuskan hubungan Qadhafi dengan dunia luar, termasuk dengan rakyatnya sendiri.

Pesawat tempur NATO meningkatkan serangan meraka di Tripoli dengan tujuan melumpuhkan militer Qadhafi, tetapi laporan menyebutkan jika serangan tersebut juga menyebabkan korban dari pihak sipil.

Medan perang utama tetaplah berada di sebelah barat Libya kota Misratah, dimana puluhan orang dilaporkan terbunuh dalam waktu beberapa jam setelah pasukan Qadhafi melakukan pengeboman terus-menerus di kota tersebut.

Situasi kemanusiaan di Misratah dengan populasi lebih dari satu juta orang dilaporkan mengkhawatirkan disebabkan banyak orang sangat membutuhkan persediaan makanan, air dan obat-obatan.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov meminta untuk segera diadakan gencatan senjata menghdapi krisis yang terjadi di Libya, serta mendesak resolusi yang dibuat oleh Dewan Keamanan PBB segera dilaksanakan.

Lavrov juga mengingatkan adanya “konsekuensi yang tak diprediksi” sebagai “resiko terbesar”dari operasi militer yang dilakukan pasukan NATO dan sekutu mereka yang tidak menunjukkan tanda-tanda akan mereda di Negara Afrika bagian utara.*

Rep: Dadang Kusmayadi
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Dorong Peningkatan Ekonomi di Aceh Lebih Baik

Dorong Peningkatan Ekonomi di Aceh Lebih Baik

LPPOM MUI Gandeng Universitas Wahid Hasyim

LPPOM MUI Gandeng Universitas Wahid Hasyim

Vaksin Meningitis Halal Baru Ada Lima Tahun Lagi?

Vaksin Meningitis Halal Baru Ada Lima Tahun Lagi?

Muhammadiyah Menilai Kebijakan Ekonomi Jokowi Belum Konkret

Muhammadiyah Menilai Kebijakan Ekonomi Jokowi Belum Konkret

Anggota  DPR: Lembaga Zakat perlu Tingkatkan Peran Tangani Banjir

Anggota DPR: Lembaga Zakat perlu Tingkatkan Peran Tangani Banjir

Baca Juga

Berita Lainnya