Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Perusahaan Gas Negara dan Rumah Zakat Selenggarakan Nikah Massal Gratis

Bagikan:

Hidayatullah.com–Memperingati Hari Jadi Perusahaan Gas Negara (PGN), Rumah Zakat bersama PGN menyelenggarakan nikah massal bagi 200 pasangan pengantin secara cuma-cuma.

“Kita adakan nikah massal gratis ini dalam rangka HUT perusahaan kami,” kata Direktur Keuangan PGN, Riza, di kantor Perusahaan Gas Negara (PGN), Jalan KH Zainul Arifin, Taman Sari, Jakarta Barat, Kamis (21/4).

Menurut ia, dipilihnya acara pernikahan massal ini, salah satu pertimbangannya adalah berdasarkan hasil interaksi dengan masyarakat tentang banyaknya pasangan nikah yang masih belum memiliki dokumen, sehingga menyulitkan persoalan administrasi mereka sehari-hari.

“Pernikahan massal ini hasil komunikasi  dengan masyarakat, lalu kami respon,” ujarnya.

Tambah Riza, dalam nikah massal ini PGN menyediakan beberapa kebutuhan secara cuma-cuma, seperti dokumen, mahar, uang sangu, perlengkapan sholat, serta mandi.

“Semua kita berikan secara gratis, jadi calon pengantin cukup daftar aja,” tuturnya.

Rumah Zakat  selaku  Corporate Social Response, membantu jalannya acara tersebut dengan mengorganisasi kegiatan tersebut,  serta membantu pelaksaanan di lokasi .

“Kami mengorganizing saja, berdasarkan sharing dan keinginan dari donator,” ucap Noviriawan.

Acara tersebut didorong untuk dapat membantu kepentingan umat, kata Novi, sehingga dicari ide yang benar-benar dpat menyentuh kebutuhan mendasar yang dibutuhkan umat.

Acara sendiri ditandai dengan 5 pasang pengantin yang dinikahkan satu per satu  oleh penghulu. Pasangan pengantin tidak hanya berusia muda, namun ada yang pasangan berusia lanjut 72 tahun.

Mempelai pria mengenakan setelan jas dan baju adat, sedangkan mempelai perempuan mengenakan kebaya aneka warna. Ada warna merah, kuning, hijau, dan biru. Pengantin perempuan mengenakan konde dan riasan wajah.

Masing-masing pengantin kompak memberi mahar berupa seperangkat alat salat dan uang Rp 300 ribu. Acara juga dimeriahkan oleh adu silat dan berbalas pantun layaknya prosesi pernikahan Betawi. Peserta disuguhi nasi kotak, kue, dan minuman.

Pernikahan massal ini direncanakan akan berlangsung pula di 4 kota besar lainnya dengan jumlah total pengantin 400 pasangan.*

Rep: Bambang S
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Perppu Ormas Jadi UU, Gerindra: Empat Poin Harus Direvisi

Perppu Ormas Jadi UU, Gerindra: Empat Poin Harus Direvisi

Anggota Komnas HAM: Rhoma Tidak Sebarkan SARA

Anggota Komnas HAM: Rhoma Tidak Sebarkan SARA

Rakernas BMH, Kuatkan Platform Zakat yang Inovatif, Efektif, Efisien

Rakernas BMH, Kuatkan Platform Zakat yang Inovatif, Efektif, Efisien

Awas! Pengedar Narkoba Incar Murid SD

Awas! Pengedar Narkoba Incar Murid SD

Mufidah Said: Perempuan Al-Irsyad sudah Berkiprah hampir 100 Tahun

Mufidah Said: Perempuan Al-Irsyad sudah Berkiprah hampir 100 Tahun

Baca Juga

Berita Lainnya