Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

PBNU Kembali Tegaskan Ahmadiyah Sesat

Bagikan:

Hidayatullah.com–Pengurus Besar Nahdlatul Ulama tetap pada pendirian bahwa Ahmadiyah sesat dan menyeleweng dari ajaran Islam, tak sesuai dengan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Demikian kata Wakil Ketua Umum PBNU Slamet Effendi Yusuf di Yogyakarta, Senin (28/3).

Kendati demikian, NU masih membatasi diri untuk berpendapat pada kewenangan yang dimiliki, yaitu soal-soal yang berkaitan dengan agama. “Sedangkan kewenangan membubarkan itu ada di pemerintah,” ucap Slamet Effendi Yusuf, sebagaimana dikutip situs Media Indonesia, Senin, (28.3) malam.

Adanya peraturan gubernur di sejumlah daerah yang melarang Ahmadiyah, menurut Slamet, merupakan kewenangan pemerintah daerah untuk menjaga ketentraman. “Itu tidak apa-apa karena ada dasarnya, yaitu SKB 3 Menteri, UU No 1 PNPS tahun 1965,” tambahnya.

Beberapa pengurus wilayah NU, misalnya di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumbar, dengan tegas menyatakan dukungannya terhadap peraturan gubernur tersebut. Bahkan, tanpa mau menyebut jumlahnya, Yusuf mengatakan NU daerah sudah banyak yang mengirimkan desakan tersebut kepada PBNU.

“NU Karesidenan Cirebon terang sekali meminta Ahmadiyah dibubarkan karena di sana paling merasakan problem itu,” tegasnya.

Untuk daerah-daerah yang belum ada peraturan gubernur, menurutnya, tidak menjadi persoalan. Namun, ia juga mengatakan, di DIY misalnya, Sri Sultan Hamengku Buwono X mungkin perlu juga mempertimbangkan aspirasi umat Islam.*

Foto:mediaindonesia

Rep: Cholis Akbar
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Kak Seto: Bahaya LGBT Serang Anak Sering Tak Diwaspadai

Kak Seto: Bahaya LGBT Serang Anak Sering Tak Diwaspadai

Tak Terpengaruh Poligami,  Mereka tetap Setia pada Aa Gym

Tak Terpengaruh Poligami, Mereka tetap Setia pada Aa Gym

Indonesia Mulai Dimasuki Tim Pengaman Asing

Indonesia Mulai Dimasuki Tim Pengaman Asing

Penambahan Utang Kukuhkan Kontrol Asing

Penambahan Utang Kukuhkan Kontrol Asing

Pembubaran Ormas Dinilai Tidak Efektif

Pembubaran Ormas Dinilai Tidak Efektif

Baca Juga

Berita Lainnya