Selasa, 7 Desember 2021 / 2 Jumadil Awwal 1443 H

Nasional

Animo Masyarakat Berumrah Meningkat

Bagikan:

Hidayatullah.com–Animo masyarakat Indonesia untuk menunaikan ibadah umrah pada tahun ini diperkirakan meningkat sebanyak 200 ribu orang, dibanding tahun 2010 sebanyak 160 ribu orang melakukan ibadah sunnah di kota Makkah, Arab Saudi.

Harapan tersebut dikemukakan Ketua Umum Amphuri, Fuad Hasan Masyhur disela pameran bertajuk “Garuda International Islamic Expo ke-6 di Jakarta, Jumat (4/2). Pameran dibuka Deputi Menko Kesra Prof Dr Agus Sartono didampingi Dirut PT Garuda Indonesia Tbk, Emirsyah Satar.

“Masyarakat berumrah paling tidak bisa mengenal lebih dekat (tanah suci), khususnya bagi yang ingin berhaji karena waiting list (daftar tunggu) jemaah haji semakin tinggi,” ujar Fuad.

Selain itu lanjutnya, semakin banyak perusahaan-perusahaan baik berbagai sektor seperti perbankan memberi hadiah kepada pemenang berupa hadiah umrah. “Kami perkirakan tahun ini jemaah umrah mencapai 200 ribu,” kata pengusaha haji dan umrah ini.

Sementara itu Emirsyah Satar menyatakan, pihaknya menargetkan pertumbuhan penumpang umrah tahun 2011 ini tumbuh sedikitnya 20 persen. “Minimal ada pertumbuhan 20 persen dari 90 ribu pada tahun 2010 menjadi 110 ribu penumpang jamaah umroh tahun 20100 ini,” katanya menjawab pers usai pembukaan.

Emirsyah menyebut, trafik penumpang Indonesia-Timur Tengah per tahun sekitar 1,4 juta orang, dan dari jumlah itu didominasi oleh pasar Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan umroh ke Tanah Suci Mekkah serta pariwisata.

“Kami berkomitmen untuk pasar umroh ini akan terus meningkatkan layanan. Untuk tahun ini, pesawatnya akan kami ganti dari B747-400 ke pesawat baru B777-300ER,” katanya.

Emirsyah juga menegaskan, pihaknya optimistis mampu meningkatkan pangsa pasar umroh dan pariwisata Islami ke Timur Tengah.

“Melalui komitmen dan dukungan pameran semacam ini, kami berharap pasar “long weekend” tak hanya wisata biasa ke sejumlah kota di Asia, tetapi juga umroh juga. Saya melihat ada tren ke situ (umroh weekend),” katanya.

Oleh karena itu, Emirsyah tidak menafikan, persaingan angkutan udara di jalur ini makin ketat.

“Kompetisi itu baik karena ujungnya adalah optimalisasi pelayanan kepada penumpang,” katanya. Sementara itu, terkait dengan pelaksanaan expo yang berlangsung pada 4-6 Februari 2011 itu, Emirsyah mengatakan, pihaknya menargetkan penjualan Rp20 miliar. *

Rep: Ibnu Sumari
Editor: Panji Islam

Bagikan:

Berita Terkait

Pasca Advokasi Kasus Siyono, Dai Muhammadiyah Didatangi Aparat

Pasca Advokasi Kasus Siyono, Dai Muhammadiyah Didatangi Aparat

Kampus Islam Harus Lahirkan Cendekiawan Muslim  yang Beri Sumbangsih Islamisasi Politik

Kampus Islam Harus Lahirkan Cendekiawan Muslim yang Beri Sumbangsih Islamisasi Politik

Hayati mengaku Punya Izin Selama 67 Hari Absen di Kampus

Hayati mengaku Punya Izin Selama 67 Hari Absen di Kampus

Bencana alam di NTT

MUI Sampaikan Duka Mendalam Terhadap Korban Bencana, Himbau Masyarakat Salurkan Bantuan

The Jakmania Salurkan Bantuan bagi Rohingya Lewat FPI Diapresiasi

The Jakmania Salurkan Bantuan bagi Rohingya Lewat FPI Diapresiasi

Baca Juga

Berita Lainnya