Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

UIKA Bogor Buka Magister Pendidikan Keluarga Sakinah

Bagikan:

Hidayatullah.com–Program Pasca Sarjana Universitas Ibn Khaldun (PPS-UIKA) Bogor, membuka Program Baru tingkat S2 (Magister), yaitu “Pendidikan Keluarga Sakinah”. Program ini bernanung di bawah Program Studi Pendidikan Islam PPS-UIKA, yang kini memiliki empat konsentrasi, yakni Magister Pendidikan Islam, Magister Pendidikan dan Pemikiran Islam, Magister Pendidikan Sains Islam, dan Magister Pendidikan Keluarga Sakinah.

Mengenai latar belakang pendirian studi ini disampaikan Direktur PPS-UIKA Bogor, Prof. Didin Hafidhuddin dalam Rapat Kerja PPS-UIKA yang berlangsung dua hari (23-24) di kampus UIKA Bogor.

Menurut Didin, umat Islam harus menguatkan peran keluarga sebagai institusi pendidikan yang utama. Bahkan, dikatakannya, dalam Islam, keluarga idealnya menjadi pusat perkaderan para pemimpin di masa depan. Karena itulah, orangtua harus benar-benar diberdayakan kemampuannya, secara keilmuan dan akhlak.

Sementara itu, Ketua Program Studi Pendidikan Islam PPS-UIKA Bogor, Dr. Adian Husaini menyampaikan, selama ini banyak yang salah paham, bahwa pendidikan seolah-olah hanya identik dengan urusan “sekolah”, “kampus”, atau “pendidikan formal”.

“Padahal, Islam menetapkan, keluarga adalah satu institusi pendidikan yang utama.”

Dibukanya program ini diharapkan setiap orangtua Muslim memahami bagaimana mendidik keluarga dan anak-anak. Sebab mendidik anak itu memerlukan ilmu yang mencukupi, khususnya ilmu-ilmu fardhu ‘ain yang wajib dimiliki oleh setiap Muslim.

“Orang tua wajib memahami ilmu aqidah (ushuluddin), ilmu syariah, dan ilmu-ilmu lain yang diperlukan bagi pendidikan keluarga, agar orangtua mampu menjaga keluarganya dan agar mereka tidak terjebak jeratan api neraka,” ujar Adian.

Beberapa mata kuliah yang diajarkan dalam program ini adalah; Islamic worldview, al-Quran dan hadits untuk Keluarga Sakinah, Ulumul Quran dan Hadits, Manajemen Keluarga Sakinah, Filsafat Pendidikan Islam, Filsafat dan Ilmu dalam Islam, Fiqih Keluarga Sakinah, Pendidikan Anak dalam Islam, Psikologi Pendidikan, Pendidikan Karakter, Sejarah Peradaban Islam dan Studi pemikiran-pemikiran Kontemporer.

Disamping Pendidikan Keluarga Sakinah, mulai tahun 2011, PPS-UIKA Bogor juga membuka Konsentrasi Pendidikan Sains Islam. Program ini lebih dikhususkan untuk guru-guru IPA atau peminat sains Islam (natural sciences). Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan para guru atau orang ua dalam pengajaran sains, sesuai dengan prinsip keilmuan dalam Islam. *

Rep: Imam Nawawi
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Indonesia Dinilai belum Berdaulat,  Sajadah saja dikuasi Asing

Indonesia Dinilai belum Berdaulat, Sajadah saja dikuasi Asing

Kiai Madura Tolak Berita Adanya Penjarahan

Kiai Madura Tolak Berita Adanya Penjarahan

PPP Tak Akan Takut Isu Syariat Islam

PPP Tak Akan Takut Isu Syariat Islam

Pimred Playboy Divonis 2 Tahun Penjara

Pimred Playboy Divonis 2 Tahun Penjara

MIUMI Aceh juga Imbau Muslim Tak Ucap Salam Agama Lain

MIUMI Aceh juga Imbau Muslim Tak Ucap Salam Agama Lain

Baca Juga

Berita Lainnya