Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Imam Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya Tutup Usia

Masjid Sunan Ampel Surabaya
Bagikan:

Hidayatullah.com–Imam Masjid Agung Sunan Ampel, KH Achmad Marzuki, tutup usia di kediamannya, Jalan Nyamplungan IV/27, Surabaya, Jatim, Minggu (26/12).

KH Achmad Marzuki adalah imam masjid setiap Maghrib dan Isya selama 47 tahun terakhir. Ia meninggal di usianya yang ke-77. Selama hampir satu tahun ini, bapak lima anak tersebut berjuang melawan penyakit paru-paru yang dideritanya.

“Sejak Januari, Abah (panggilan keluarga untuk KH Achmad Marzuki, red) sudah sakit dan tidak bisa shalat di Masjid Agung Sunan Ampel. Kemudian, sekitar 1,5 bulan ini kondisinya semakin kritis,” ujar putra almarhum, Fuad Romzy, ketika ditemui di rumah duka.

Almarhum, kata dia, dishalatkan di Masjid Agung Sunan Ampel dan dimakamkan di kompleks masjid. Sebelum meninggal, almarhum berpesan kepada anak-anaknya untuk selalu rukun dan guyub.

“Itu pesan terakhirnya kepada keluarga. Abah meminta agar anak-anaknya selalu dan memiliki rasa menghormati, baik dengan keluarga maupun tetangga dan kerabat lainnya,” tutur Fuad.

Diceritakannya, ketika shalat Subuh hari ini, Minggu (26/12), Abah meminta sesuatu yang aneh dibandingkan biasanya. Jika setiap harinya Abah selalu shalat di dalam kamar dan Tayammum, namun pada subuh tadi, Abah meminta wudlu dan shalat Subuh di masjid.

Tentu saja hal tersebut tak dikabulkan keluarganya karena kondisi almarhum yang tidak memungkinkan. “Jangankan ke masjid, melangkahkan kaki pun Abah sudah tidak bisa.”

“Jadi, Abah tetap shalat di tempat tidur dalam kamar. Tapi, anehnya Abah pada rakaat pertama membaca Surat Al-Fajr dan rakaat kedua membaca Surat Al-Balad secara sempurna. Sama seperti yang beliau baca ketika menjadi imam di masjid,” tukas putra keempat abah itu.

Tidak hanya itu saja, bahkan selama tiga hari belakangan, almarhum selalu menyebut nama kolega dan sahabatnya yang sudah wafat terlebih dahulu, salah satunya Ustadz Abdullah.

KH Achmad Marzuki meninggalkan satu istri, yakni Hj Musholacah (70), lima orang anak, masing-masing Lizia Jamili (45), H Djalal Fahmi (42), Hj Laili Fijriah (39), H Fuad Romzy (36), dan Riza Firdausi (29). Serta meninggalkan tujuh cucu. Di samping imam masjid, almarhum juga Bilal Shalat Jumat. [ant/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Fadli Zon: Indikator Keberhasilan Pembangunan adalah Kesejahteraan Petani dan Nelayan

Fadli Zon: Indikator Keberhasilan Pembangunan adalah Kesejahteraan Petani dan Nelayan

KPK Akan Umumkan Hasil Pantauan Ibadah Haji

KPK Akan Umumkan Hasil Pantauan Ibadah Haji

PKS Dorong RI Kecam AS yang Dukung ‘Israel’ Bombardir Gaza

PKS Dorong RI Kecam AS yang Dukung ‘Israel’ Bombardir Gaza

Redam Berita Palsu dengan Hoax Buster

Redam Berita Palsu dengan Hoax Buster

Keluarga Pondasi Pertama Iman Anak, Bukan Sekolah

Keluarga Pondasi Pertama Iman Anak, Bukan Sekolah

Baca Juga

Berita Lainnya