Sabtu, 27 Maret 2021 / 13 Sya'ban 1442 H

Nasional

BJ Habibie Akan Pidato dalam Muktamar ICMI

Bagikan:

Hidayatullah.com—Mantan presiden sekaligus Ketua Dewan Kehormatan ICMI, Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie, juga direncanakan berpidato dalam rangkaian acara pembukaan Muktamar V Ikatan Cendekiasan Muslim Indonesia (ICMI) di Bogor, Jawa Barat, 4-7 Desember esok.

Habibie yang juga pernah menjadi Ketua Umum ICMI pertama akan memberikan pidato dengan tema \”Membangun Peradaban Indonesia Madani\”.

Selain itu, rangkaian pembukaan Muktamar ICMI juga akan diisi oleh Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa yang juga sebagai Presidium ICMI dan Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh.

Sebagaimana diketahui, sejumlah tokoh politik, akademisi, birokrat, bahkan pengusaha bakal ikut meramaikan bursa calon presidium Pengurus Pusat Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (PP ICMI) periode 2010-2015.

Ketua Pelaksana Muktamar V ICMI Ricky Rachmadi mengatakan, pada muktamar kali ini kemungkinan kembali akan dipilih presidium ICMI yang terdiri dari lima orang untuk masa bakti 2010-2015.

\”Pucuk pimpinan ICMI akan kembali kita pilih dan menanti nominasi dari orwil (organisasi wilayah), di mana setiap orwil akan menominasikan tujuh orang untuk presidium,\” katanya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (2/12), terkait persiapan Muktamar V ICMI.

Hadir pula memberikan penjelasan, Ketua Presidium ICMI Azyumardi Azra, anggota Presidium ICMI Nanat Fatah Nasir, dan Ketua Panitia Pengarah Muktamar V ICMI Hidayat Syarief.

Pada kesempatan ini, Ricky menyampaikan bahwa rencananya Muktamar V ICMI akan dibuka Wakil Presiden Boediono di Istana Bogor.

Ia menambahkan, meski dibuka di Istana Bogor, namun rapat-rapat pleno Muktamar ICMI akan diselenggarakan di IPB International Convention Centre.

Menurut rencana, Muktamar ke-V ICMI kali ini akan dihadiri sedikitnya 1.200 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Menurut Abidin Said, Ketua Panitia Daerah Muktamar ke-V ICMI, perhelatan akbar organisasi para cendekia muslim tersebut akan menyedot perhatian besar masyarakat dengan banyaknya partisipan yang akan hadir.

\”Muktamar ke-V ICMI akan dihadiri 1.200 orang peserta, yang terdiri dari pengurus ICMI pusat dan daerah serta tamu undangan kehormatan,\” ujar Abidin Said yang juga tercatat sebagai sekretaris Orlwilsus ICMI Bogor.

Abidin Said mengharapkan forum tertinggi ICMI yang diselenggarakan lima tahun sekali tersebut dapat melahirkan berbagai keputusan penting bagi kemajuan organisasi ini di masa mendatang. Dia juga berharap Muktamar ke-V ICMI juga akan melahirkan banyak keputusan strategis dapat mendorong transformasi bangsa. [suk/ant/cha/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

MUI Imbau Jaga Kondusifitas Jelang Pelantikan Jokowi-Ma’ruf

MUI Imbau Jaga Kondusifitas Jelang Pelantikan Jokowi-Ma’ruf

KNTI: Reklamasi Sama Saja Merampas Laut dari Nelayan

KNTI: Reklamasi Sama Saja Merampas Laut dari Nelayan

Ribuan Warga Parade Bela Tauhid di Garut

Ribuan Warga Parade Bela Tauhid di Garut

Pemuda Muhammadiyah Apresiasi KSAD TNI Pertahankan Enzo Zenz Allie

Pemuda Muhammadiyah Apresiasi KSAD TNI Pertahankan Enzo Zenz Allie

Akui Kesalahan, PT Suara Agung Sebut Halaman “Al-Maidah 51-57” Tertukar

Akui Kesalahan, PT Suara Agung Sebut Halaman “Al-Maidah 51-57” Tertukar

Baca Juga

Berita Lainnya