Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Din: Penegakan Hukum di Indonesia Sebatas Retorika

Bagikan:

Hidayatullah.com–Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin menegaskan hingga saat ini proses penegakan hukum di Indonesia masih sebatas retorika, terlalu muluk sehingga perlu sosok pemimpin yang tegas.

“Penegakan hukum di Indonesia juga masih sebatas retorika belaka. Masyarakat sudah kehilangan kehilangan kepercayaannya pada institusi Polri dan Kejagung,” katanya saat membuka kegiatan tablig akbar menyongsong musyawarah daerah ke-4 Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Kediri di kantor PDM Muhammadiyah Desa Gurah, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Sabtu malam.

Pihaknya sangat prihatin dengan kondisi hukum di Indonesia. Masih banyak masalah yang melibatkan lembaga penegakan hukum baik di Polri maupun Kejagung, seperti kasus Bank Century yang hingga kini belum ada kejelasan, serta masalah kasus suap Gayus Tambunan.

Ia juga mengaku, sangat mengapresiasi keputusan Presiden untuk memilih kader Muhammadiyah sebagai pejabat. Ketua KPK baru, Busyro Muqoddas yang dipilih oleh DPR menggantikan Antasari Azhar adalah salah satu kader yang terbaik. Sepak terjangnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

“Ia punya kemampuan dan pengalaman di bidang hukum serta mempunyai keberanian dan kejujuran. Itu adalah dua kapasitas yang diperlukan,” jelasnya.

Pihaknya menyambut dengan baik keputusan tersebut sebagai manifestasi dari “good will” serta “political will” dari pemerintah. Ia juga yakin, Busyro akan mampu membawa lembaga penegakan hukum ini menjadi lebih baik, termasuk juga dengan penunjukan Basrief Arief menjadi Jaksa Agung.

Walaupun begitu, pihaknya tidak ingin terlena dan lalai. Pihaknya tetap menegaskan agar kader Muhammadiyah yang mendapatkan amanat untuk bekerja dengan baik.

Pihaknya juga mempunyai mekanisme tersendiri untuk memberi sanksi bagi kadernya yang melakukan pelanggaran hukum seperti korupsi. Pihaknya juga tidak segan-segan memberi sanksi, tidak memandang keluarga dan saudara. [ant/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Prof. Dr. Amal Fathullah Dikukuhkan sebagai  Guru Besar Bidang Akidah dan Filsafat

Prof. Dr. Amal Fathullah Dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Akidah dan Filsafat

Ratusan Calon Umrah Asal Jabar Merasa Tertipu

Ratusan Calon Umrah Asal Jabar Merasa Tertipu

Tahapan Pendidikan Islam Tidak Boleh Salah Urut

Tahapan Pendidikan Islam Tidak Boleh Salah Urut

Irak Tidak Menganggap Ikhwanul Muslimin Sebagai Organisasi Teror

Irak Tidak Menganggap Ikhwanul Muslimin Sebagai Organisasi Teror

Indonesia-Saudi Sepakati Kerja Sama Perdagangan Antar Pengusaha

Indonesia-Saudi Sepakati Kerja Sama Perdagangan Antar Pengusaha

Baca Juga

Berita Lainnya