Senin, 29 November 2021 / 23 Rabiul Akhir 1443 H

Nasional

Perpusnas RI Akan Bangun Gedung 24 Lantai pada 2012

Bagikan:

Hidayatullah.com– Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI berencana membangun gedung perpustakaan untuk umum di Jl Medan Merdeka Selatan Jakarta untuk pelayanan umum yang ideal mulai 2012-2014 guna mewujudkan gedung perpustakaan yang lengkap, ideal, moderen di ibukota Indonesia.

Kepala Perpusnas Hj Sri Sularsih mengatakan hal itu di Jakarta, Senin (22/11) sore, sambil menjelaskan rencana pengumuman pemenang lomba menulis, melukis, dan lomba disain gedung Perpusnas RI pada Desember 2010.

Menurut Sri Sularsih, rencana pembangunan gedung itu masih menunggu pengkajian secara mendalam dan persetujuan dari DPR, Bappenas dan Depkeu yang diharapkan anggaran mencapai Rp700 miliar untuk tiga tahunan anggaran 2012, 2013 dan 2014.

“Gedung perpustakaan di Merdeka Selatan nantinya akan berlantai 24 yang dilengkapi koleksi buku yang lengkap mulai untuk bacaan anak-anak, dewasa dan umum, serta dilengkapi teknologi informasi yang memadai, auditorium, kafe, toko buku “online”, ruang untuk kegiatan ilmiah,” katanya.

Kepala Perpusnas mengharapkan, Indonesia nantinya akan memiliki gedung perpustakaan yang setara dengan gedung yang dimiliki negara maju, seperti Singapura. Sementara gedung perpustakaan di Jl Salemba Raya Jakarta tetap sebagai kantor Perpusnas dan sebagai pusat penyimpanan karya cetak dan karya rekam.

Dengan demikian fungsi Perpusnas sebagai sarana riset, pendidikan, mencari informasi, memperluas wawasan pengetahuan, meningkatkan gemar membaca masyarakat, sebagai rekreasi, akan terwujud guna mendukung peningkatan kecerdasan kehidupan bangsa Indonesia.

Sebelumnya Perpusnas yang memiliki koleksi yang mencapai sekitar dua juta judul buku akan dapat di-link atau terhubung dengan perpustakan umum di Indonesia, mulai provinsi, kabupaten/kota hingga perpustakaan desa/kelurahan, dan masyarakat Indonesia dapat mengakses buku tersebut melalui laman www.pnri.go.id.

Sementara itu Perpusnas mengadakan sayembara karya tulis, sayembara menggambar gedung Perpusnas RI, sayembara membuat patung, dan sayembara konsep desain gedung Perpusnas RI, mulai 1-30 November 2010.

Ketua panitia penyelenggara Mascheijah mengatakan, nominasi pemenang untuk empat kategori itu akan dipamerkan di gedung TIM Cikini Jakarta pada 1-5 DSesember 2010, dan pemenangnya akan diumumkan pada penutupan pameran 5 Desember 2010.

Jumlah peserta lomba hingga kini mencapai 400 orang dan penjurian untuk nominasi akan dilakukan 25-30 November 2010, sedang persyaratan lomba untuk karya tulis adalah para mahasiswa dan dosen; kategori menggambar, yaitu siswa SMA dan guru SMA; kategori membuat patung dan kategori konsep desain, yaitu para profesional dan masyarakat umum. [ant/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

DPP IMM Desak Polri Tangkap Fasilitator Pesta Homoseks

DPP IMM Desak Polri Tangkap Fasilitator Pesta Homoseks

Polisi Gerebek Acara PII, PD Magelang: Panitia Sudah Izin

Polisi Gerebek Acara PII, PD Magelang: Panitia Sudah Izin

Kejaksaan Cabut Banding, Ahok Diminta Segera Dikembalikan ke LP Cipinang

Kejaksaan Cabut Banding, Ahok Diminta Segera Dikembalikan ke LP Cipinang

BMA Sediakan Beasiswa Tahfiz dan Wirausaha

BMA Sediakan Beasiswa Tahfiz dan Wirausaha

Terkait Kritikannya, Ketum Pemuda Muhammadiyah Dahnil Dipanggil Polisi

Terkait Kritikannya, Ketum Pemuda Muhammadiyah Dahnil Dipanggil Polisi

Baca Juga

Berita Lainnya