Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Saudi Puji Indonesia Paling santun

Bagikan:

Hidayatullah.com — Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memberikan penghargaan tinggi kepada jemaah haji Indonesia karena dianggap paling santun dan sabar dalam melaksanakan rukun Islam kelima di tanah suci.
Jamaah haji Indonesia dapat menjadi contoh bagi jemaah dari negara-negara lain.

“Karenanya, jemaah haji Indonesia dapat menjadi contoh bagi jemaah dari negara-negara lain sehingga pelaksanaan ibadah haji di tanah suci itu dapat berjalan dengan sebaik-baiknya,” kata Duta Besar Arab Saudi, Abdulrahman Mohammed Amen Al-Khayyat, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (11/11/2010) malam.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi juga telah meningkatkan pelayanan bagi jemaah haji Inonesia sejak pengurusan visa hingga pelayanan transportasi, kesehatan dan keamanan hingga saat mereka melaksanakan ibadah haji, kata Abdulrahman.

Dalam hal transportasi, dia mengakui adanya “sedikit keterlambatan” keberangkatan pesawat Saudi Airlines yang membawa jemaah haji Indonesia ke tanah suci akibat sejumlah faktor, termasuk dampak debu vulkanik letusan Gunung Merapi.

“Keterlambatan itu masih sebatas kewajaran dan yang paling penting adalah Saudi Airlines dapat membawa jemaah haji Indonesia sampai ke tujuan dengan selamat pada waktu yang tepat,” katanya.

Pada kesempatan itu, atas nama pemerintah Kerajaan Arab Saudi, Abdulrahman juga menyampaikan belasungkawa kepada pemerintah dan rakyat Indonesia terutama para korban bencana Merapi di Yogyakarta dan Jawa Tengah, serta tsunami di Mentawai, Sumatra Barat.

“Kami mendoakan para keluarga korban bencana alam di Indonesia agar mereka tetap kuat dan sabar dalam menghadapi musibah tersebut,” katanya.

Pelayanan Haji Meningkat

Berkaitan dengan pelayanan ibadah haji, Dubes mengatakan, pemerintahnya terus berupaya meningkatkan pelayanan di berbagai aspek dengan memaksimalkan semua upaya dan potensi yang dimiliki tahun ini.

“Upaya yang terselenggara atas izin Allah SWT ini mendapat arahan langsung dari Yang Mulia Pelayan Dua Kota Suci Raja Abdullah bin Abdul Aziz Al-Suud, Putra Mahkota Pangeran Sultahn bin Abdul Aziz, Ketua Komite Tertinggi Haji yang jua menteri Dalam Negeri Pangeran Nayif bin Abdul Aziz dan Gubernur Makkah Pangeran Khalid Al-Faishal,” katanya.

Pelayanan bagi jemaah haji pada tahun ini meningkat pesat, dan pemerintah Arab Saudi akan terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi para tamu Allah dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

“Upaya ini tidak terlepas dari kerja sama yang intensif dan dukungan yang terbina baik dengan pemerintah Republik Indonesia melalui Departemen (Kementerian) Agama,” katanya.

Peningkatan pelayanan ini tercermin dari berbagai langkah yang telah ditempuh antara lain perluasan areal masjidil haram, peningkatan keamanan, pelayanan dan fasilitas umum seperti transportasi, tempat tinggal di samping jembatan berlantai lima untuk melempar jumrah di Jamarat Mina, pelayanan baru kesehatan secara gratis serta dikerahkannya 15 helikopter pemantau. [ant/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

PTDI Produsen Tunggal Pesawat C212-400

PTDI Produsen Tunggal Pesawat C212-400

FUIB Jadi Saksi Pelapor Kasus Ge Pamungkas

FUIB Jadi Saksi Pelapor Kasus Ge Pamungkas

Jelang Penutupan Dolly, FPL Larang Wartawan Ambil Gambar

Jelang Penutupan Dolly, FPL Larang Wartawan Ambil Gambar

Komunitas Pejuang Subuh Bakukan Program 5W + 1T

Komunitas Pejuang Subuh Bakukan Program 5W + 1T

Muslim di Indonesia dan Malaysia Jadi Kekuatan di Dunia

Muslim di Indonesia dan Malaysia Jadi Kekuatan di Dunia

Baca Juga

Berita Lainnya