Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Menteri Agama Buka World Zakat Forum

Bagikan:

Hidayatullah.com-Untuk pertama kalinya kegiatan World Zakat Forum — sebuah konferensi internasional yang membahas masalah perzakatan dunia digelar. Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia ditetapkan sebagai tuan rumah. Kota Jogjakarta sebagai kota penuh sejarah di Indonesia pun dipilih untuk memperbincangkan isu-isu zakat kontemporer tingkat internasional.

Menurut Prof Didin Hafidhuddin, Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang menjadi Ketua Panitia Pengarah kegiatan ini menyatakan bahwa World Zakat Forum digagas untuk memfasilitasi sebuah pertemuan guna membahas permasalahan zakat internasional, sekaligus memperbincangkan kemungkinan kerjasama zakat lintas negara untuk membantu mengatasi kemiskinan yang dialami oleh kaum muslimin di berbagai negara.

Jumlah penduduk miskin di seluruh dunia saat ini mencapai 830 juta jiwa, yang perlu dibantu untuk diatasi dengan dana zakat.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Arifin Purwakananta, konferensi internasional World Zakat Forum (WZF) berlangsung pada 28 September – 2 Oktober 2010 di Hotel Inna Jogjakarta. Adapun tema yang diangkat pada World Zakat Forum kali ini adalah “Meneguhkan Peran Zakat Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Ummat Melalui Jejaring Zakat Internasional” (To Strengthen The Role of Zakat in Realizing the Welfare of Ummah Through International Zakat Network).

“Acara ini diharap bisa menghasilkan main strategy guna mengantisipasi masalah kemiskinan dunia, “ ujar Arifin kepada hidayatullah.com.

Sementara menurut Ahmad Juwaini, Ketua Umum Asosiasi Organisasi Pengelola Zakat (Forum Zakat) yang juga bertindak sebagai Pengarah Deklarasi kegiatan ini, kegiatan World Zakat Forum akan mendeklarasikan lahirnya forum pertemuan reguler pelaku zakat dunia, yang bersidang minimal tiga tahun sekali dengan tuan rumah berganti-ganti di berbagai negara. Juga akan membicarakan pembentukan World Zakat Fund yaitu sebuah Pooling Fund zakat dunia untuk mengatasi bencana internasional, terutama yang dialami oleh negara-negara muslim, karena potensi zakat di seluruh negara muslim saat ini mencapai tidak kurang dari USD 600 Milyar.

Peserta yang hadir meliputi: organisasi pengelola zakat, organisasi Islam, perguruan tinggi, organisasi kerjasama zakat nasional dan regional, pusat-pusat kajian zakat dan perwakilan organisasi pengelolaan zakat dari berbagai negara di seluruh dunia. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini 300 orang yang mewakili seluruh negara di dunia.

Kegiatan World Zakat Forum ini dibuka secara resmi oleh Menteri Agama RI, Suryadharma Ali, yang bertindak mewakili Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, pada hari Rabu pagi 29 September 2010.

Selain Sambutan Pembukaan dari Menteri Agama RI, para peserta juga pada Selasa Malam 28 September 2010 telah menghadiri jamuan makan malam di Istana Yogjakarta, dengan tuan rumah Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X. [mel/cha/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Di Pulau Lancang, Zaitun Rasmin Tegaskan Ahok telah Menistakan Agama

Di Pulau Lancang, Zaitun Rasmin Tegaskan Ahok telah Menistakan Agama

Hentikan Pengiriman PLRT ke Negara Arab

Hentikan Pengiriman PLRT ke Negara Arab

Kondisi Rumah Mohammad Zohri Pasca Gempa

Kondisi Rumah Mohammad Zohri Pasca Gempa

Hidayat Nur Wahid: PKS Tak Akan Dukung Ahok

Hidayat Nur Wahid: PKS Tak Akan Dukung Ahok

Gantikan Rokok, Ketua PGI Minta Pemerintah Ciptakan Sumber Ekonomi Alternatif

Gantikan Rokok, Ketua PGI Minta Pemerintah Ciptakan Sumber Ekonomi Alternatif

Baca Juga

Berita Lainnya