Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Indonesia Tuan Rumah Konferensi Zakat Internasional Pertama

Bagikan:


Hidayatullah.com —
Indonesia akan menjadi tuan rumah konferensi internasional pertama, World Zakat Forum (WZF) atau Forum Zakat Dunia 2010. Konferensi akan berlangsung 28 September-2 Oktober 2010.

Bertempat di Yogyakarta, konferensi akan mengambil tema “Meneguhkan Peran Zakat Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Ummat Melalui Jejaring Zakat Internasional.”

Menurut Ketua Panitia Pengarah, Prof. Dr. Didin Hafidhuddin, acara tersebut merupakan bentuk aksi nyata kesadaran para pegiat zakat yang tergabung dalam WZF.

Potensi zakat dunia sebagaimana dilansir oleh Bank Pembangunan Islam (IDB) tahun 2010, mencapai angka 600 miliar dolar AS. Dengan demikian, zakat berpotensi menjadi solusi alternatif menyikapi persoalan yang dihadapi umat.

“Salah satu penyebab kemiskinan adalah sistem kapitalisme yang memonopoli kesejahteraan pada kalangan tertentu saja. Dengan zakat, kemiskinan dunia yang pada tahun 2007 mencapai 830 juta jiwa akan terkurangi sebesar 24,1 persen,” kata Didin Hafidhuddin, dalam acara jumpa pers jelang buka puasa di Warung Daun Resto, Jakarta, Kamis (19/08) kemarin.

Namun demikian, kesadaran masyarakat perlu ditingkatkan. Zakat bukan lagi tanggung jawab individu tapi zakat adalah kewajiban bersama. Oleh sebab itu, tuturnya, diharapkan konferensi pertama WZF menjadi wadah komunikasi dan sharing ide, gagasan, dan pengalaman antarlembaga pengelola zakat di dunia.

Sekretaris Jenderal Dewan Zakat Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS), H. Tulus, mengatakan problematika yang dihadapi oleh para lembaga amil zakat (LAZ) di Asia Tenggara adalah kesadaran masyarakat menyalurkan zakat mereka di lembaga masih minim.

Sebab itu, dia berharap konferensi ini akan menghasilkan gagasan brilian untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran tersebut. “Konferensi adalah ajang bertukar pikiran dan pengalaman pengelolaan dan pemberdayaan zakat,” kata dia.

Disebutkan Ketua Pantia Pelaksana Konferensi WZF 2010, Mohamad Arifin Purwakananta, acara akan dihadiri oleh 400 peserta, baik dari luar dan dalam negeri. Sejumlah peserta luar negari dari lima benua yaitu, Amerika, Afrika, Asia, Eropa, dan Australia telah menyatakan kesiapannya.

Konferensi ini, lanjut Arifin, diselenggarakan untuk menghimpun kekuatan gerakan zakat dari seluruh dunia, untuk menjadikan zakat sebagai mainstream upaya pengentasan kemiskinan dan kesejahteraan umat.

“Kami berharap WZF ini dapat menghasilkan resolusi strategis untuk pengembangan gerakan zakat dunia,” papar Arifin.

Sedangkan Ketua Umum Forum Zakat Nasional (FOZ), Ahmad Juwaini, menuturkan konferensi ini merupakan rangkaian upaya membangun sinergi zakat antara Forum Organisasi Zakat (FOZ), Dewan Zakat MABIMS, dan WZF, serta organisasi pengelola zakat yang ada. Tidak mustahil, gagasan pembentukan lembaga ataupun forum resmi zakat internasional akan tercetus.

“Melalui forum ini, juga tidak mustahil akan berdiri World Zakat Fund yang akan menjadi solusi produktif pengentasan kemiskinan dunia,” ujar Juwaini. [ain/www.hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Pengusaha Indonesia Diundang Berinvestasi di Palestina

Pengusaha Indonesia Diundang Berinvestasi di Palestina

Utusan Khusus Presiden: Indonesia Punya Tanggung Jawab Global

Utusan Khusus Presiden: Indonesia Punya Tanggung Jawab Global

Pasangan Nur-Firdaus Favorit di Kalangan Pemilih Muda dan Pemula

Pasangan Nur-Firdaus Favorit di Kalangan Pemilih Muda dan Pemula

Disesalkan, Kondisi di Arab Tidak Dikenalkan pada Jamaah Haji

Disesalkan, Kondisi di Arab Tidak Dikenalkan pada Jamaah Haji

Wantim MUI: Ulama Berkewajiban Meluruskan Arah Bangsa

Wantim MUI: Ulama Berkewajiban Meluruskan Arah Bangsa

Baca Juga

Berita Lainnya