Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

PT Kereta Api Luncurkan Gerbong Khusus Wanita

Bagikan:

 Hidayatullah.com—Kaum hawa akhirnya akan bernafas lega dan tak akan terganggu dari penjahat seksual setelah Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak meminta PT Kereta Api (PT KA) menyiapkan gerbong khusus wanita.
 Dengan tersedianya gerbong ini, maka, PT KA melarang laki-laki masuk ke gerbong kereta khusus perempuan. Acara peresmian dilakukan di Depo Depok, Kamis (19/8) sore.
 “Saya sangat bahagia atas peluncuran gerbong ini, karena turut menyukseskan program di kementerian kami, dalam rangka mencegah kasus pelecehan perempuan yang juga merupakan tindak kekerasan,” kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar di sela-sela acara peresmian.
 Untuk tahap awal, layanan gerbong khusus wanita hanya tersedia untuk rute Stasiun Bogor-Jakarta Kota jenis KRL Ekonomi AC.
 Kepada wartawan, Direktur Utama PT KA Ignasius Jonan mengatakan, peluncuran gerbong khusus untuk menjawab permintaan penumpang wanita. Sebab, selama ini penumpang wanita resah apabila harus berdesakan dengan penumpang pria.
 Dengan resminya gerbong ini, Linda meminta penumpang laki-laki termasuk suami untuk tidak memaksa masuk ke dalam gerbong kereta khusus perempuan ikut bersama istrinya. Namun, kata Linda, anak-anak usia dua hingga 10 tahun, boleh ikut serta bersama ibunya di dalam gerbong khusus perempuan.
 Selain itu, Linda juga meminta PT KA untuk memberlakukan dengan tegas aturan larangan merokok di dalam kereta. Pasalnya, kata Linda, saat ini kereta gerbong perempuan telah memakai bahan pendingin AC hidrokarbon yang ramah lingkungan dan hemat energi.
 “Bukan perempuan ingin mengalami dan mendapatkan sesuatu yang lebih, tapi ini semua dalam rangka menuju kesetaraan gender,” tandasnya.
 Ruang menyusui
 Direktur PT Kereta Api Indonesia Commuter Jabodetabek (KCJ) Bambang Wibianto mengatakan, gerbong khusus wanita itu merupakan gerbong KRL seri 7.000.
Gerbong-gerbong ini baru didatangkan dari Jepang pada Jumat (13/8/2010) pekan lalu. Seri 7000 merupakan salah satu unit gerbong dalam program penambahan KRL yang direncanakan mencapai 118 unit pada 2010.
 Saat ini PT KCJ telah memiliki 40 unit KRL seri 7000 dan 50 unit seri 05. Masih akan ada tambahan 8 unit KRL bantuan Kementerian Perhubungan dan 20 unit seri 6000.
 Menurut Ignasius, saat ini  baru rute Bogor-Jakarta Kota yang tersedia. Namun, dalam waktu dekat, rute lain akan menyusul untuk gerbong khusus wanita.
Teknisnya, PT KA akan menyediakan dua gerbong khusus wanita, yakni gerbong pertama dan terakhir. Sedangkan gerbong kedua sampai ketujuh, bisa diisi penumpang umum, baik wanita maupun pria. Dalam gerbong khusus wanita ini akan dijaga secara khusus oleh petugas wanita. Dengan begitu, tidak ada penumpang pria yang masuk ke dalam gerbong.  Soalnya, beberapa waktu lalu, gerbong khusus wanita pernah diluncurkan. Namun, pelaksanaannya tidak efektif karena tidak ada petugas yang berjaga.
 Selain itu, dalam gerbong khusu wanita ini, setiap gerbongnya dilengkapi penyejuk udara dan enam kipas angin di langit-langit. Kursi penumpang diletakkan saling berhadap-hadapan dan terdapat tali gantungan untuk penumpang berdiri di antara kursi tadi.
 Dilihat dari luar, secara fisik, bentuk kedua gerbong itu sama dengan gerbong umum yang dirangkai pada kedua gerbong tersebut. Yang membedakan dengan gerbong umum, terdapat stiker berwarna merah muda yang ditempel pada sisi luar gerbong. Stiker itu memuat gambar ikon wanita berikut ikon larangan bagi penumpang non-wanita.
 Sebagaimana diketahui, sebelum ini, masyarakat dikejutkan banyaknya pelecehan seks yang terjadi di Bus Transjakarta. Sejak awal bulan Juli 2010 saja sudah ada empat kasus aduan yang sudah ditangani oleh pengelola angkutan publik tersebut. Ditengarai, kasus serupa di kendaraan lain banyak terjadi.Menariknya, meski pemisahan gerbong ini tergolong ‘diskriminatif’, tak banyak aktivis perempuan berteriak-teriak sebagaimana biasanya. [cha, berbagai sumber/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Kemenag Akan Cabut Biro Perjalanan Haji dan Umrah Bermasalah

Kemenag Akan Cabut Biro Perjalanan Haji dan Umrah Bermasalah

Pengamat Intelijen: MUI Masih Punya 5 Video Kekerasan Oknum Elit Densus 88

Pengamat Intelijen: MUI Masih Punya 5 Video Kekerasan Oknum Elit Densus 88

“Bela” Soemarsono, Bos Jawa Pos Akan Didemo

“Bela” Soemarsono, Bos Jawa Pos Akan Didemo

KMIPR Desak DPR Selesaikan Masalah Pengungsi Rohingya

KMIPR Desak DPR Selesaikan Masalah Pengungsi Rohingya

MUI: Perbanyak Wudhu dan Cuci Tangan Pakai Sabun Bisa Tangkal Corona

MUI: Perbanyak Wudhu dan Cuci Tangan Pakai Sabun Bisa Tangkal Corona

Baca Juga

Berita Lainnya