Senin, 24 Januari 2022 / 20 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

Aset Bank Syariah Bukopin Capai Rp1,9 Triliun

Bagikan:

Hidayatullah.com–Pertumbuhan aset PT Bank Syariah Bukopin hingga Juni 2010 mencapai Rp1,9 triliun atau meningkat hampir tiga kali lipat dibanding periode sama tahun 2009.

Direktur Utama PT Bank Syariah Bukopin (BSB), Riyanto, di Sidoarjo, Selasa, mengatakan, pesatnya pertumbuhan aset tersebut, tidak lepas dari semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap produk perbankan syariah.

“Aset yang kami miliki saat ini meningkat sekitar 176 persen lebih, dari sebelumnya hanya berkisar Rp600 miliar menjadi Rp1,9 triliun,” katanya saat peresmian kantor cabang BSB Sidoarjo sebagai relokasi dari kantor lama di Jalan Diponegoro Surabaya.

Riyanto menjelaskan pertumbuhan aset yang dibukukan lembaganya, juga diikuti dengan meningkatnya penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) dan pembiayaan yang disalurkan.

Hingga semester pertama 2010, lanjut Riyanto, DPK yang dihimpun dari masyarakat mencapai Rp1,312 triliun atau meningkat 426,9 persen dari periode sama tahun lalu yang masih sekitar Rp249 miliar.

Sementara pembiayaan yang disalurkan hingga posisi Juni 2010 mencapai Rp1,429 triliun. Angka ini berarti naik 543,69 persen dari posisi sama 2009 sebesar Rp222 miliar.

“Kebutuhan transaksi perbankan syariah terus meningkat. Sebagai produk alternatif dari lembaga perbankan, produk syariah tidak hanya diminati masyarakat muslim, tapi juga nonmuslim,” ujar Riyanto.

Karena itu, lanjut Riyanto, pihaknya akan terus mengembangkan usaha sesuai rencana bisnis yang kami kaji dengan mempertimbangkan potensi dan manajemen risiko.

“Pembukaan kantor cabang baru ini juga merupakan salah satu upaya kami membidik potensi pasar di wilayah Sidoarjo, yang punya banyak industri besar dan UKM (usaha kecil menengah) maupun mikro,” tambahnya.

Secara nasional, Riyanto mengatakan, perkembangan perbankan syariah tumbuh rata-rata sekitar 30 persen, lebih besar dari pertumbuhan bank konvensional yang hanya berkisar 10 persen.

Hingga akhir 2009 lalu, aset perbankan syariah di seluruh Indonesia mencapai Rp73,4 triliun.

“Tapi pertumbuhan yang bagus itu belum diikuti dengan porsi bisnis yang dijangkau. Saat ini, porsi syariah baru sekitar 2,7 persen dari total potensi bisnis perbankan nasional,” ujar Riyanto.

Deputi Pimpinan Bank Indonesia Surabaya, Nasser Ator, menambahkan, perbankan syariah perlu terus melakukan inovasi produk dan meningkatkan kualitas layanan untuk menggaet potensi pasar lebih besar. [ant/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Galang Dana untuk Palestina dengan Dongeng Ceria

Galang Dana untuk Palestina dengan Dongeng Ceria

Menjalankan Syariat, Malah Dicopot dari Jabatan

Menjalankan Syariat, Malah Dicopot dari Jabatan

Instruksi HRS: Tenggelamkan Parpol Pendukung Penista Agama

Instruksi HRS: Tenggelamkan Parpol Pendukung Penista Agama

UBN Ditersangkakan, Pemuda Muhammadiyah Duga Kuat Lebih Kental Politiknya

UBN Ditersangkakan, Pemuda Muhammadiyah Duga Kuat Lebih Kental Politiknya

Bertani dan Berkebun untuk Keluar dari Krisis Global

Bertani dan Berkebun untuk Keluar dari Krisis Global

Baca Juga

Berita Lainnya