Rabu, 7 Juli 2021 / 27 Zulqa'dah 1442 H

Nasional

Pakar: Sekolah Islam Harus Tanamkan Kejujuran

Bagikan:

Hidayatullah.com–Setiap orangtua pasti mempunyai keinginan agar anak-anaknya menjadi sholeh dan cerdas. Keinginan para orangtua itu bisa terkabul melalui peran lembaga pendidikan Islam.

“Namun sayangnya, pendidikan umat Islam rada ketinggalan dengan umat agama lain,” kata Adiwarman Azwar Karim, Pakar Ekonomi Syariah saat menjadi pembicara Tablig Akbar dan Talk ShowMengelola Wakaf dan Pendidikan; Antara Harapan dan Tantangan” di Masjid Al Azhar Jakapermai Bekasi, Ahad pagi (11/7).

Untuk mengejar ketertinggalan, jelas Adiwarman, maka harus membangun infrastruktur yang bagus serta tenaga pengajar yang berkualitas. ”Resikonya para orangtua harus membayar sekolah yang mahal.”

Agar kalangan dhuafa dapat mengakses sekolah berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya mahal, maka harus dilakukan terobosan. Rasulullah pernah memberikan beasiswa dan santunan hidup kepada para ahli suffah, yakni golongan miskin tapi memiliki semangat untuk belajar. Kata Adiwarman, cara ini bisa dilakukan umat Islam Indonesia.

”Hal ini seperti yang dilakukan Dompet Dhuafa dengan mendirikan sekolah gratis bagi kaum dhuafa di Sawangan Depok, Mereka memanfaatkan wakaf tunai dari para sponsor dan donatur,” katanya.

Adiwarman menyarankan agar sekolah-sekolah Islam menomorsatukan nilai-nilai kejujuran dalam membentuk karakter anak didiknya. ”Buat apa cerdas tapi tak jujur. Lebih baik jujur walau tak cerdas,” jelasnya sembari tertawa.

Selain Adiwarman, di talk show ini hadir pula Qomari Anwar (mantan Rektor Uhamka Jakarta) dan Amin Suma (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta). Talk show ini merupakan rangkaian acara dalam menyambut milad ke-25 Yayasan Wakaf Al Mujairien yang jatuh 9 Agustus 2010. [syaf/hidayatullah]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Munarman: Isu Terorisme Sengaja Dipelihara

Munarman: Isu Terorisme Sengaja Dipelihara

Pengarusutamaan Gender: Mau Kemana?

Pengarusutamaan Gender: Mau Kemana?

Aset  BMT UGT Sidogiri Tembus Rp 1,8 Triliun

Aset BMT UGT Sidogiri Tembus Rp 1,8 Triliun

Jamaah Masjid dan Warga dekat Lokalisasi Harapkan Penutupan Dolly berjalan Lancar

Jamaah Masjid dan Warga dekat Lokalisasi Harapkan Penutupan Dolly berjalan Lancar

Hubungan Israel-Indonesia Diusahakan Tak Terbuka

Hubungan Israel-Indonesia Diusahakan Tak Terbuka

Baca Juga

Berita Lainnya