Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Peserta Sumbar Condong Yunahar atau Din Syamsuddin

Bagikan:

Hidayatullah.com–Sejumlah peserta Muktamar Muhammadiyah asal Sumatera Barat (Sumbar) mengaku memiliki kriteria cocok pada salah calon yang mendapat suara terbanyak dalam sidang Tanwir Muhammadiyah beberapa hari lalu. Dari tiga nama, Haedar Nashir, Yunahar Ilyas, dan Din Syamsuddin, mereka lebih condong ke sosok Yunahar Ilyas atau  Din Syamduddin.

Seperti dikatakan Sekretaris Pimpinan Muhammadiyah Wilayah Sumbar, Drs. Adrian Muis Chatib Saripado, Yunahar adalah sosok yang pas untuk menahkodai Muhammadiyah ke depan.

“Yunahar adalah sosok ulama yang lemah lembut. Beliau juga sukses dalam membidani Tarjih dan Tadjid Muhammadiyah,” ujar Adrian kepada hidayatullah.com saat sidang Pleno Pemilihan Anggota Muhammadiyah di Gedung Sportorium UMY Senin (5/7) pagi.

Selain itu, lanjut Adrian, Yunahar juga pernah mengenyam pendidikan di Madinah. Juga merupakan sosok yang tepat untuk mendinginkan ketegangan antara Muhammadiyah dengan pemerintah selama dipimpin Din Syamsuddin.

Adrian mengatakan, Din juga memiliki banyak kelebihan, terutama dalam hubungan dengan dunia internasional. Tapi tak ada salahnya  Muhammadiyah dipimpin oleh sosok yang bisa mendinginkan.

“Mungkin, karena Din lulusan AS dan Yun lulusan Madinah, jadi ada perbedaan dalam hal politik,” jelasnya. “Pokoknya, Yun adalah sosok ulama,” imbuhnya lagi.

Hal senada disampaikan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pasaman Timur, Sumbar, Mulyo Hendri, Spd. I. Menurutnya, Yunahar adalah sosok yang pas memimpin Muhammadiyah ke depan.

“Ide dan pemikiran Yun yang sesuai dengan akidah Islam cocok sebagai pemimpin Muhammadiyah,” ujarnya. Akidah dan konsep yang dimiliki Yunahar sesuai dengan pendiri Muhammadiyah, KH. Ahmad Dahlan.

Hendri mengatakan, akidah semacam itu sangat diperlukan. Pasalnya, dengan merebaknya paham kiri yang sekarang santer terdengar dari luar, ditakutkan bisa masuk ke tubuh Muhammadiyah secara masif.

Wakil PDM Sawahlunto, Sumbar, Drs. Nurman M.Pd, berpendapat lain. Menurutnya, sosok Din-lah yang pas memimpin Muhammadiyah karena selama ini dikenal sukses membawa Muhammadiyah di kancah internasional.

Tidak hanya itu, Nurman juga mengatakan, Din adalah sosok intelektual yang memiliki ide-ide bagus untuk Muhammadiyah ke depan.

Pendapat berbeda diutarakan Ketua PDM  Tanah Datar, Sumbar Drs. Asmet Syamsu. Asmet mengatakan, Yunahar dan Din Syamsuddin merupakan dua sosok yang pas memimpin Muhammadiyah. Yun dikenal sosok ulama dan Din dikenal dunia intenasional. “Saya mendukung siapa saja di antara dua itu yang terpilih nantinya,” jawab Asmet diplomatis. [ans/hidayatullah.com]

 

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Ormas Aceh Tolak Komunitas Punk

Ormas Aceh Tolak Komunitas Punk

Mendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat Covid-19

Mendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat Covid-19

Adian: “Andaikan pilihannya KH Didin dan Ahok, bismillah, saya memilih KH Didin”

Adian: “Andaikan pilihannya KH Didin dan Ahok, bismillah, saya memilih KH Didin”

Puluhan Ribu Warga Hadiri Tausiyah Kebangsaan di Lapangan Medan Merdeka Monas

Puluhan Ribu Warga Hadiri Tausiyah Kebangsaan di Lapangan Medan Merdeka Monas

Momentum Muharram, Siswa Diimbau Pahami Sejarah Islam

Momentum Muharram, Siswa Diimbau Pahami Sejarah Islam

Baca Juga

Berita Lainnya