Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

BKMT Karo Akan Gelar Nikah dan Khitanan Gratis

Bagikan:

Hidayatullah.com–Penyelenggaraan khitanan ini merupakan salah satu program dakwah Badan Kontak Majelis Ta’lim (BKMT) Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Acara dilangsungkan di pelataran masjid As-Sawiyah kota Berastagi, Kab. Karo.

Menurut Sekum PD BKMT Kab. Karo, Evi Rahmayati S Keloko, dalam keterangan persnya, Rabu (24/6), setelah  menjalani pembinaan akidah secara intensif, para muallaf itu berkenan dikhitan, dan dinikahkan sesuai syari’.

“Insya Allah, Badan Kontak Majelis Ta’lim (BKMT) Kabupaten Karo, Sumatera Utara, akan menyelenggarakan   salah satu program dakwah berupa khitanan dan pernikahan massal secara gratis,” ujarnya.

Menjawab hidayatullah.com, lebih jauh Evi Rahmayati menjelaskan, data sementara jumlah peserta khitanan 322 orang. 50% merupakan anak-anak dari keluarga miskin, 20% orang tuanya muallaf, dan 20% anak masyarakat  binaan ta’lim. Hanya 10 %  anak pengurus BKMT.

”Di antara peserta ada 28 wanita dan lelaki muallaf. Merekalah yang minta dikhitan untuk menyempurnakan syahadah mereka. Kami sungguh terharu, walau di antaranya ada yang sudah dewasa,” tutur teh Evi.

Sedangkan yang akan dinikahkan secara gratis sebanyak 128 pasangan. Separuhnya merupakan masyarakat miskin  yang baru akan berumahtangga, 30% pasangan muallaf yang berislam dengan kesadaran sendiri, dan 20% pasangan  sudah menikah secara adat, tapi belum mempunyai akta nikah.

”Ini belum data final, jumlah  peserta berkemungkinan akan meningkat sampai hari H karena  saat ini pengurus BKMT yang tersebar pada 10 cabang kecamatan masih terus mendata. Kami tidak hanya mengkhitan dan menikahkan para muallaf binaan BKMT saja, tapi juga mengajak binaan lembaga keislaman lainnya,” jelas ustadzah yang punya banyak kiat  dan strategi berdakwah ini.

Faktanya, sampai hari ini umat Islam masih sangat minoritas dan serba berkekurangan di Kabupaten Karo, Sumut.

”Jadi, dakwah harus lebih digencarkan dengan lebih ’berpandai-pandai’. Karena itulah,  kami berharap doa dan dukungan dari semua,” tutup teh Evi. [Dodi/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Mocthar Ngabalin Mengaku Heran dengan Sikap Wartawan Aceh

Mocthar Ngabalin Mengaku Heran dengan Sikap Wartawan Aceh

HAMI Siapkan 20 Pengacara Bela Buni Yani dan Gugat Balik

HAMI Siapkan 20 Pengacara Bela Buni Yani dan Gugat Balik

Kerja Sama Produk Halal

Indonesia dan Arab Saudi Bahas Peningkatan Kerja Sama dalam Jaminan Produk Halal

Saksi Akan Meminta Maaf Kepada Terdakwa

Saksi Akan Meminta Maaf Kepada Terdakwa

UIKA Gelar Penugasan Kader Ulama

UIKA Gelar Penugasan Kader Ulama

Baca Juga

Berita Lainnya