Selasa, 30 November 2021 / 25 Rabiul Akhir 1443 H

Nasional

Ongkos Naik Haji Mungkin Turun

Bagikan:

Hidayatullah.com–Menteri Agama Suryadharma Ali memastikan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2010 akan turun dari tahun sebelumnya. Menag menjamin penurunan biaya tersebut tidak akan menurunkan kualitas pelayanan.

“Kami memang mengusahakan walaupun ongkos haji turun, kualitas pelayan akan naik,” ujar Suryadharma di Kantor Kemenko Kesra, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (15/6).

Hanya saja, Menteri Agama Suryadharma Ali belum bisa memastikan berapa nominal penurunannya.

“Sudah disepakati bisa dilakukan penurunan ongkos naik haji itu tapi presentasi atau nominalnya berapa belum bisa kita umumkan,” ujarnya.

Menurut Menag, keputusan penurunan itu sudah dirapatkan Kemenag dengan Komisi VIII dan Panja biaya penyelenggaraan Haji. Pihaknya juga sudah bertemu dengan Dirut Garuda dan Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub.

Menurutnya, dari segi pesawat terbang bisa diefisienkan untuk menurunkan ongkos naik haji. Menag mengaku telah melakukan rapat pembahasan penekanan biaya penyelenggaraan biaya haji.

“Pokoknya prinsipnya biaya sudah ada kesepakatan penurunan biaya haji. Antara DPR dan Menag sudah ada kesepakatan. Pasti turun. Hanya belum bisa menyebutkan nominalnya saja,” tandasnya.

Lebih dekat

Menag mengatakan salah satu peningkatan pelayanan haji tahun ini adalah pemondokan yang lebih dekat. Pada 2009 pemondokan itu 7 km dari Masjidil Haram sedangkan pada tahun ini menjadi 4 km.

“Untuk penyebarannya kita tingkatkan. Tahun ini jamaah haji Indonesia 60 persen di ring satu yang jaraknya 2 km. Sisanya 40 persen itu di ring 2 jarak terjauh 4 km, itu terjadi peningkatan,” imbuhnya.

“Soalnya pada tahun lalu hanya 27 persen jamaah haji Indonesia yang ada di ring 1 yang jaraknya 2 km. Ya itu salah satu bentuk peningkatan pelayanan haji,” lanjutnya. [pim/dep/det/hidayatullah.com]

 

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Sidang Praperadilan Habib Rizieq

Polda Metro Jaya Tidak Hadir Dipersidangan, PN Jaksel Kembali Tunda Sidang Praperadilan Habib Rizieq

Prabowo Berterima Kasih: Warga Solo-Jateng Sangat Ingin Perubahan

Prabowo Berterima Kasih: Warga Solo-Jateng Sangat Ingin Perubahan

IKADI Dorong Penguatan Ekonomi Umat

IKADI Dorong Penguatan Ekonomi Umat

Jogja Sehat Tanpa Tembakau Kawal Perda Kawasan Tanpa Rokok di DI Yogyakarta

Jogja Sehat Tanpa Tembakau Kawal Perda Kawasan Tanpa Rokok di DI Yogyakarta

Capres dan Cawapres Harus miliki Visi Pengembangan Ekonomi Syariah

Capres dan Cawapres Harus miliki Visi Pengembangan Ekonomi Syariah

Baca Juga

Berita Lainnya