Rabu, 19 Januari 2022 / 15 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

Menag Setuju Usulan DPR Turunkan Ongkos Naik Haji

Bagikan:

Hidayatullah.com–Pemerintah menyetujui usulan DPR agar Ongkos Naik Haji (ONH) turun mulai 2011, namun dengan tetap menjaga kualitas layanan kepada calon jemaah haji.

“Sangat setuju, sangat setuju,” kata Menteri Agama Surya Dharma Ali (SDA), usai mendampingi Wakil Presiden Boediono berdialog dengan para pelajar SMA/Sederajat se-Propinsi Bali di Denpasar, Rabu, (26/5).

SDA mengatakan, penurunan ongkos naik haji pada 2011 sangat dimungkinkan mengingat ada beberapa komponen yang dapat diturunkan harganya.

“Pemerintah mengusulkan agar harga tiket pesawat terbang diturunkan sebesar 150 dolar AS dari yang ditetapkan Kementerian Perhubungan sebesar 1.754 dolar AS,” ujarnya.

Namun, pelayanannya tetap terjamin, bahkan kini maskapai yang akan melayani penerbangan haji tidak saja Garuda Indonesia dan Arab Saudi.

“Kami juga akan menggandeng Batavia dan Lion Airlines dan satu maskapai dari Arab Saudi. Sehingga lebih kompetitif namun pelayanannya tetap terjamin sesuai dengan standar penerbangan yang telah ditetapkan secara internasional,” tutur Suryadharma.

Selain itu, Pemerintah mengusulkan agar keuntungan yang selama ini diambil masing-masing maskapai juga diturunkan dari 10 persen menjadi empat persen, kata Suryadharma menambahkan.

Tak hanya itu, transportasi lokal juga akan diturunkan biayanya. “Jadi kalau dulu pemondokan jemaah kita paling jauh berjarak tujuh kilometer, maka sekarang bisa hanya berjarak empat kilometer ke lokasi,” ujar Menag.

Usulan pemerintah itu masih dirundingkan dengan DPR dan diharapkan dapat selesai Juni 2010, jelas SDA. [ant/www.hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Di Jeddah, Rp2.360 = SR 1

Di Jeddah, Rp2.360 = SR 1

Tersangka unlawful killing FPI

Bareskrim Polri Tetapkan 3 Anggota Polisi Jadi Tersangka Kasus Unlawful Killing Laskar FPI

Luna Maya dan Ulil Ikut Dukung “Anti FPI”

Luna Maya dan Ulil Ikut Dukung “Anti FPI”

Hayati: Kemenag pernah Minta Buka Cadar Jika Mau Mengajar

Hayati: Kemenag pernah Minta Buka Cadar Jika Mau Mengajar

Dirjen Bimas Islam minta Selidiki Isu “Kiamat” di Ponorogo

Dirjen Bimas Islam minta Selidiki Isu “Kiamat” di Ponorogo

Baca Juga

Berita Lainnya