Kamis, 9 Desember 2021 / 4 Jumadil Awwal 1443 H

Nasional

KPK Akan Umumkan Hasil Pantauan Ibadah Haji

Bagikan:

Hidayatullah.com–Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengumumkan hasil pemantauan terhadap penyelenggaraan ibadah haji 2009 pada Kamis (6/5). KPK akan mengumumkan hasil pengawasan tersebut bersama dengan Menteri Agama Suryadharma Ali.

“Baru tanggal 6 Mei akan kita umumkan. Kita juga akan undang Menteri Agama,” kata Wakil Ketua KPK M Jasin hari Minggu (2/5).

Jasin tidak mau menjelaskan apa hasil pemantauan ibadah haji tersebut. Menurut dia, tidak etis kalau hasil pemantauan tersebut dibocorkan sebelum diumumkan secara resmi.

“Tunggu saja tanggal 6 nanti,” kata Jasin. Pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara KPK dan Komisi III DPR, minggu lalu, KPK menyatakan akan segera mengumumkan hasil pemantauan ibadah haji.

“Mengingat proses haji berlangsung hingga akhir tahun, maka finalisasi laporan diselesaikan tahun ini.  Target penyelesaian kajian ini pada akhir April 2010,” kata Jasin pada saat RDP.

Seperti telah diberitakan, pada ibadah haji tahun lalu, KPK memberangkatkan satu tim ke Arab Saudi untuk memantau penyelenggaraan haji 2009.

Pemantauan itu dilakukan sebagai bentuk kegiatan pencegahan korupsi oleh KPK. Tim KPK tersebut berjumlah tiga orang yang diketuai oleh Doni Muhadiansyah.

Tim tersebut berangkat ke Arab Saudi sejak 13 November 2009 dan berada di sana sekitar satu bulan lamanya.

“Mengaji penyelenggaraan ibadah haji oleh petugas, antara lain pemondokan, katering, transportasi, dan kesehatan,” kata Doni menjelaskan tugas tim.

Doni menjelaskan bahwa tim bekerja di semua wilayah haji, yaitu Madinah, Jeddah, dan Mekkah. Tim tersebut mengeluarkan rekomendasi tentang kekurangan-kekurangan dari penyelenggara ibadah haji. “Selain itu juga ada saran perbaikan bagi pemerintah,” kata Doni. [kjkt/www.hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Mahasiswa Menghafal 1 Juz per Semester Dinilai Terlalu Sedikit

Mahasiswa Menghafal 1 Juz per Semester Dinilai Terlalu Sedikit

hari guru nasional

Rayakan Hari Guru Nasional, Mendikbudristek Sebut Pandemi Tak Padamkan Semangat Guru

Hari ini Peluncuran Hasil Polling Dukungan Masyarakat atas Pengendalian Tembakau

Hari ini Peluncuran Hasil Polling Dukungan Masyarakat atas Pengendalian Tembakau

PP Muhammadiyah: Trump Menunjukkan Pembelaan Terbuka AS atas Israel

PP Muhammadiyah: Trump Menunjukkan Pembelaan Terbuka AS atas Israel

Wagub Jatim Dorong Muslimat  Hidayatullah Bentengi Anak dari Ancaman yang Merusak Keluarga

Wagub Jatim Dorong Muslimat Hidayatullah Bentengi Anak dari Ancaman yang Merusak Keluarga

Baca Juga

Berita Lainnya