Jum'at, 26 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Nasional

Susunan Pengurus PBNU Diprotes Formatur

Bagikan:

Hidayatullah.com–Susunan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2010-2015 yang diumumkan Rais Aam KH Sahal Mahfudh dan Ketua Umum KH Said Aqil Siroj, Senin (19/4), diprotes anggota formatur.

Rais Syuriah Pengurus Wilayah NU Jawa Timur KH Miftakhul Ahyar, anggota formatur mewakili PWNU se-Jawa, saat dihubungi dari Jakarta Selasa mengaku sudah menyampaikan protesnya itu kepada rais am dan ketua umum.

Alasannya, susunan PBNU yang diumumkan berbeda dengan rumusan yang diputuskan dalam rapat antara rais aam, ketua umum, dan formatur pada 12 April 2010 di Kajen, Pati, Jawa Tengah.

Dikatakannya, perubahan susunan PBNU seharusnya dilakukan dan diputuskan melalui rapat yang sama, yakni antara rais aam, ketua umum, dan formatur.

“Jika tidak demikian, maka perubahan itu tidak sah dan batal,” katanya.

Secara terpisah, Slamet Effendy Yusuf mengaku banyak menerima keluhan dari pengurus cabang NU yang merasa aspirasinya di muktamar tidak diperhatikan dalam penyusunan kepengurusan PBNU.

“Banyak yang protes ke saya, tapi saya tidak bisa apa-apa karena bukan formatur,” kata peraih suara terbanyak kedua setelah Said Aqil dalam pemilihan ketua umum di muktamar NU di Makassar, Maret lalu.

Sebelumnya, bertempat di Gedung PBNU  Jl. Kramat Raya 164 Jakarta, Senin (19/4) sore pukul 16.20 WIB Rais Am Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Muhammad Ahmad Sahal Mahfudh dan Sekretaris Jenderal PBNU Iqbal Sullam, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj mengumumkan susunan PBNU  2010-2015. Jika sebelumnya, sempat diberitakan ada dua Wakil Ketua Umum PBNU, kini  Wakil Ketua Umum PBNU dijabat Drs H As’ad Said Ali, yang masih berstatus Wakil Ketua BIN. Sedang Drs H. Slamet Effendi Yusuf, Msi masuk menjadi salah satu Ketua PBNU. [ant/cha/hidayatullah.com

 

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Gus Nur Pembelaan

Keberatan dengan Tuntutan JPU, Pengacara Gus Nur Bakal Ajukan Pembelaan Pekan Depan

Jalaluddin Rakhmat, IJABI dan Gerakan Syiah Indonesia

Jalaluddin Rakhmat, IJABI dan Gerakan Syiah Indonesia

Viral Diduga Oknum Polisi Tendang dan Pukul Ibu dan Anak Kecil

Viral Diduga Oknum Polisi Tendang dan Pukul Ibu dan Anak Kecil

IPW Usulkan Rehabilitasi Terduga Teroris Masuk Revisi UU Terorisme

IPW Usulkan Rehabilitasi Terduga Teroris Masuk Revisi UU Terorisme

Definisi Radikal Sudah Tercemar

Definisi Radikal Sudah Tercemar

Baca Juga

Berita Lainnya