Jum'at, 12 Februari 2021 / 30 Jumadil Akhir 1442 H

Nasional

LIPI: Jakarta Tidak Ada Potensi Epicentrum Gempa

Bagikan:

Hidayatullah.com–Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan, Kota Jakarta tidak mempunyai potensi pusat (epicentrum) gempa.

“Jakarta dalam sejarah kegempaan Jawa, tidak mempunyai epicentrum gempa. Tetapi Jakarta terpengaruh oleh gempa yang terjadi di Jawa, seperti gempa Pengandaran,” kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI, Dr Ir Hery Harjono dalam jumpa pers di Kantor LIPI, Jakarta, Selasa.

Hery mengatakan Jakarta tidak mempunyai potensi pusat gempa karena posisi kota Jakarta tidak berada pada suatu patahan lempeng bumi.

Meski tidak berpotensi pada pusat gempa, Jakarta akan terpengaruh oleh gempa di Jawa, sehingga konstruksi infrastruktur dan bangunan juga harus mengikuti aturan tahan gempa.

“Tetapi karena Jakarta banyak terdapat gedung-gedung tinggi, harus dipersiapkan kesiapsiagaan dan antisipasi bencana gempa,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Hery memprediksikan kemungkinan gempa yang bakal terjadi di daerah Lampung, Bengkulu, dan Sumatera Selatan.

Tiga daerah tersebut, kata Hery, mempunyai potensi tenaga dari pergeseran lempeng bumi yang belum terkurangi, setelah gempa-gempa sebelumnya, seperti gempa di Sumatera Barat dan gempa di Sungai Penuh, Jambi, kemarin.

“Kita bukan menakut-nakuti masyarakat. Kita mengemukakan ini agar masyarakat sadar dan bersiap menghadapi gempa,” katanya.

Sedangkan Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Prof Dr Ir Jan Sopaheluwakan mengatakan, kesiapsiagaan masyarakat untuk menghadapi bencana seperti gempa, perlu terus ditingkatkan karena potensi gempa tetap akan ada.

“Kita harus terus mengupayakan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi gempa karena potensi bencana akan terus terjadi,” katanya. [ant/www.hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Dengan Gunakan Logika, Umat Islam Lebih Jernih Menelaah Ajaran Syiah

Dengan Gunakan Logika, Umat Islam Lebih Jernih Menelaah Ajaran Syiah

Dukung Jokowi, Wanda Hamidah Dipecat dari PAN

Dukung Jokowi, Wanda Hamidah Dipecat dari PAN

Menag Akan Buka Munas Hidayatullah ke-3

Menag Akan Buka Munas Hidayatullah ke-3

RUU Ormas Dinilai Anti Kemajemukan dan Alat Represi Pemerintah

RUU Ormas Dinilai Anti Kemajemukan dan Alat Represi Pemerintah

Kenapa Kok Kedubes AS Ikut Sibuk  Masalah Lady Gaga?

Kenapa Kok Kedubes AS Ikut Sibuk Masalah Lady Gaga?

Baca Juga

Berita Lainnya