Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

CIA Diduga Dalangi Tragedi PKI

Bagikan:

 Hidayatullah.com–Central Intelligence Agency (CIA) diduga berada dibalik kasus G 30 S/PKI yang meletus 1965. Tragedi tersebut dianggap rekayasa yang mengakibatkan tewasnya Jenderal Ahmad Yani dan beberapa jendral lainnya.

Banyaknya versi mengenai peristiwa naas tersebut, harus dijelaskan kepada masyarakat. Agar menjadi jelas keberadaan dan kebenarannya. Minimal penjelasan tersebut harus sudah diterima oleh para pelajar di SMA.

Demikian dinyatakan sejarawan LIPI Asvi Warman Adam dalam peluncuran novel “The Forgotten Massacre,” mengenai kisah persahabatan dan cinta ditengah tragedi G 30 S/PKI di Grand Indonesia Shoping, Jakarta, Jum’at (2/10) kemarin.

“Banyak versi mengenai terjadinya pemberontakan G 30 S/PKI, menurut pemerintah dalangnya adalah PKI. Namun, versi lain mencuat CIA muncul di belakang peristiwa itu. Amerika ikut berperan dalam kejadian tahun 65,” kata Asvi

Dugaan ini diperkuat setelah pemerintah Amerika membuka arsip negaranya setiap tahun. Ternyata ada arsip tertulis yang menyatakan keterlibatan Amerika Serikat melalui CIA.

Menurut Asvi, sebenarnya tidak hanya Amerika Serikat yang terlibat dalam kasus G 30 S/PKI, tetapi Inggris dan Australia pada saat itu juga ikut bermain untuk membantu upaya pemberantasan komunisme.

Lebih lanjut, Asvi menyatakan, ada pertemuan pada tahun 1964 di Filipina yang merumuskan skenario Amerika Serikat untuk Indonesia. Yaitu skenario supaya Indonesia tidak jatuh kepada Komunis PKI. Kalau hal itu terjadi, maka posisi Amerika yang saat itu bertempur melawan Vietnam akan semakin terjepit.

“Amerika tidak ingin Indonesia dikuasai Komunis, karena dampaknya Malaysia dan Singapura juga akan dikuasai komunis. padahal saat itu Amerika sedang berperang melawan komunis,” terang Asvi sebagaimana dilansir oleh www.inilah.com.

Maka skenarionya adalah memprofokasi PKI yang ditumpas oleh TNI AD dan mengakibatkan Soekarno akhirnya jatuh. Nampaknya menjadi kenyataan tahun 1965. Berhasil mencapai tujuan memang, namun gagal karena para Jendral TNI meninggal. [inl/www.hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

MUI: Tindak Tegas dan Pidanakan Pelaku Pelecehan Lafadz Allah

MUI: Tindak Tegas dan Pidanakan Pelaku Pelecehan Lafadz Allah

MUI Setuju Usulan Memantau Bantuan Israel

MUI Setuju Usulan Memantau Bantuan Israel

Dinilai Langgar Konstitusi, DPR Ajukan Hak Angket Aktivasi Ahok

Dinilai Langgar Konstitusi, DPR Ajukan Hak Angket Aktivasi Ahok

Ketua FPI: Presiden SBY Dihina Myanmar

Ketua FPI: Presiden SBY Dihina Myanmar

HMI MPO: Fenomena FPI Harus Jadi Bahan Intropeksi Pemerintah

HMI MPO: Fenomena FPI Harus Jadi Bahan Intropeksi Pemerintah

Baca Juga

Berita Lainnya