Rabu, 20 Oktober 2021 / 13 Rabiul Awwal 1443 H

Nasional

BMH Adakan Sekolah Ramadhan untuk Pengungsi Gempa

Bagikan:

Hidayatullah.com—Kamis (9/9) kemarin, Baitul Maal Hidayatullah (BMH) dibantu tim SAR Hidayatullah terjun ke daerah yang terkena dampak gempa di Desa Cilangkap Kecamatan Manonjaya Tasikmalaya. Program yang dijalankan adalah Sekolah Ramadhan untuk anak pengungsi yang dilaksanakan di aula serba guna kantor kepala Desa Cilangkap. Program ini sebagai bagian dari program Ramadhan 1430H.

Acara sekolah ramadhan untuk anak korban gempa di Desa Cilangkap Manonjaya Tasikmalaya ini dimulai pukul 14.00 hingga waktu berbuka puasa tiba.

Beberapa permainan dan simulasi terdiri dari: Holla hope, Zep, tangkap ekor naga, pesan berantai, dll diikuti dengan antusias oleh anak-anak. Beberapa games dan simulasi yang dijalankan diharapkan bisa menghilangkan trauma yang dirasakan oleh anak-anak. Selanjutnya anak-anak bisa menjalani aktivitas sehari-hari tanpa harus dihantui perasaan takut. Perasaan ini jika berlarut-larut bisa mengganggu perkembangan anak tersebut.

Sekolah ramadhan ini juga diisi dengan penyerahan bantuan dari BMH Jakarta diantaranya Paket sembako untuk 100 KK korban dampak gempa, bantuan pendidikan untuk 4 sekolah, dan paket buka puasa untuk 100 anak.

Kepala desa Cilangkap Wawan (40) mengatakan,  “Program sekolah ini sangat membantu menghilangkan perasaan trauma khususnya bagi anak-anak. Rata-rata mereka takut untuk tinggal didalam rumah yang memang sudah retak-retak, akhirnya mereka lebih memilih mengungsi diluar rumah.” Hal Senada disampaikan Ibu Nining Suryaningsih (43) selaku kepala sekolah SD Negeri 1 Cilangkap. Nining mengatakan, “Program sekolah ramadhan ini bisa mengurangi dampak psikologis akibat bencana alam yang akan berdampak pada usia mereka yang biasanya akan terlihat kembali ketika mereka beranjak dewasa nanti.”

Paket sembako yang diterima warga sangat membantu dalam mengurangi beban hidup warga yang terkena bencana gempa.  Sandi Rakhmat (45) mengatakan, “Saya sangat berterima kasih sekali dengan bantuan sembako dari BMH ini,” ujarnya.

Selain menyerahkan bantuan di Desa Cilangkap BMH juga menyerahkan paket bantuan yang terdiri dari minyak goreng botolan, gula pasir, tepung terigu, pakaian layak pakai yang dikumpulkan dari para orang tua murid yang menyekolahkan anak-anaknya di SD IT Pesantren Hidayatullah Depok.

Bantuan ini BMH salurkan melalui LSM Laskar Merah Putih sebagai pihak yang bisa mengkoordinasikan pendistribusian bantuan untuk korban gempa di Kecamatan Manonjaya. Bantuan ini disalurkan di Desa Manonjaya. Di Desa Manonjaya terdapat 5 rumah warga yang rusak berat dan 29 lainnya rusak ringan. [marwan/www.hidayatullah.com]

Salurkan bantuan kemanusiaan Anda melalui:  BCA Otista : 553.0111.999, BNI Jatinegara : 000.8924.934, an. baitul maal hidayatullah
 

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

MUI: Harus Ada Tindakan Lebih Tegas pada Pemerintah Myanmar

MUI: Harus Ada Tindakan Lebih Tegas pada Pemerintah Myanmar

Kritik Konstruktif Mardani terhadap Visi-Misi Jokowi Periode II

Kritik Konstruktif Mardani terhadap Visi-Misi Jokowi Periode II

sidang-habib-rizieq

PN Jaktim Kembali Gelar Sidang HRS dengan Agenda Pembacaan Eksepsi

Soal Tragedi Mina, Dubes Saudi Kecewa Pemberitaan Media Asing

Soal Tragedi Mina, Dubes Saudi Kecewa Pemberitaan Media Asing

Pesantren Karangasem Belajar Jurnalistik ke HMG Surabaya

Pesantren Karangasem Belajar Jurnalistik ke HMG Surabaya

Baca Juga

Berita Lainnya