Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Muhammadiyah Menilai Polri Berlebihan Mengawasi Dakwah

Bagikan:

Hidayatullah.com—Pernyataan ini disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr. Din Syamsuddin dalam ceramah tarawihnya di Masjid Kampus UGM, Bulaksumur, Sabtu (22/08) lalu.

“Semangat Islam, jelaslah anti terhadap kekerasan apalagi terorisme, sehingga tidak perlu adanya pengawasan terhadap dakwah yang dilakukan para da’i pada bulan Ramadhan kali ini,” jelasnya.

Perintah Polri kepada Kepolisian Daerah di seluruh Indonesia mengenai pengawasan dakwah, menurut Din, justru akan menimbulkan kekhawatiran akan tumbuhnya gaya otoritarian, yang selama beberapa tahun ini telah mati.

Lebih lanjut, kata Din, pengawasan yang dilakukan pihak kepolisian justru akan membuat kurang nyaman para pendakwah dalam melakukan dakwahnya, dan hanya akan membuat keresahan dalam masyarakat.

Dampak buruk

Sementara itu, Muhammadiyah cabang UK menilai, kecurigaan aparat kepolisian dan militer terhadap berbagai aktivitas keislaman dan komunitas Muslim tertentu, bisa berdampak buruk terhadap pandangan masyarakat umum terhadap kaum Muslim dan Islam.

Pernyataan ini disampaikan Ketua Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Inggris Sarjito dalam acara diskusi bertema “Terrorism under The banner of Jihad (Terorisme atas nama agama).  Karena itu, Muhammadiyah cabang UK menyampaikan imbauannya agar segenap jajaran Polri dan TNI lebih bijaksana dalam menjalankan tugasnya menjaga keamanan masyarakat.

Lebih lanjut dosen Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang saat ini sedang menempuh studi S3 di Kingston University London ini menjelaskan bahwa umat Islam adalah komponen terbesar dalam populasi penduduk Indonesia, dan Indonesia dikenal sebagai negeri Muslim terbesar di dunia.

 “Kekurangtepatan dalam memperlakukan kaum Muslim dan Islam, bisa berdampak buruk terhadap kehidupan internal masyarakat di tanah air dan pandangan dunia terhadap Indonesia, baik dari negara-negara Barat maupun negeri-negeri Muslim,” lanjut Sarjito. [muh/www.hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Hendardi : Memeluk Agama di Indonesia Bukan Kewajiban

Hendardi : Memeluk Agama di Indonesia Bukan Kewajiban

Demi Kedaulatan, UU Migas Harus Digugurkan

Demi Kedaulatan, UU Migas Harus Digugurkan

Wapres: Jaminan Produk Halal Bermanfaat bagi Muslim dan Semua

Wapres: Jaminan Produk Halal Bermanfaat bagi Muslim dan Semua

Indonesia Harus Mengacu Konstitusi Terkait Palestina

Indonesia Harus Mengacu Konstitusi Terkait Palestina

‘Spirit 212 Tak Akan Pernah Padam’

‘Spirit 212 Tak Akan Pernah Padam’

Baca Juga

Berita Lainnya