Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Kutai Barat Akan Miliki Islamic Center

Bagikan:

Hidayatullah.com–Pemerintah Kabupaten Kutai Barat juga menjalankan program pembangunan pusat-pusat keagamaan agama lain, seperti Katolik Center dan Kristen Center.

Islamic Center Kubar yang berada di Jalan Patimura Kecamatan Melak ini mulai dibangun. Telah dilakukan pemancangan tiang dan peletakan batu pertama oleh Bupati Kubar Ismael Thomas SH dan Wakil Bupati H Didik Effendi, sekaligus Ketua Umum Pembangunan Islamic Center Kubar.

Bupati Kubar Ismael Thomas mengatakan, program pembangunan pusat-pusat keagamaan seperti Islamic Center, Katolik Center, dan Kristen Center, adalah program pembangunan yang diharapkan dapat membantu upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia.

“Gagasan dan pelaksanaan serta penganggarannya sebagian dibebankan pada APBD Kubar, ditambah bantuan provinsi,“ kata Bupati, di Sendawar, Kutai Barat (04/09).

Menurutnya, dengan dimulainya pembangunan Islami Center ini, berarti di masa yang akan datang umat Islam Kutai Barat memiliki tempat yang layak sebagai pusat kegiatan keagamaan, baik itu sebagai tempat pendidikan umum maupun kegiatan keagamaan lainnya.

Ketua Umum Pembangunan Islamic Center H Didik Effendi mengatakan, pembangunan yang dikerjakan kontraktor putra daerah tersebut akan berdiri di lahan seluas empat hektar yang telah dibebaskan, yaitu tiga hektar lahan ganti rugi dan satu hektar lahan wakaf Hj Arbainah.

“Pembangunan dilakukan bertahap dari APBD Kubar sejak 2007 dan 2008. Saat ini sedang dilakukan pembangunan pondasi menggunakan tiang pancang dengan anggaran APBD 2009 sebesar Rp 1 miliar dan bantuan dari provinsi sebesar Rp 1,5 miliar,” sebut Didik

Sementara itu Pimpinan Proyek Pembangunan Islamic Center Sri Julianto menjelaskan, bangunan pertama yang akan dibangun adalah masjid dua lantai dengan total luas bangunan 3.200 meter persegi.

Peresmian peletakan batu pertama dan pemancangan tiang pembangunan Islamic Center juga dihadiri istri Bupati Kubar Lucia Mayo Thomas, istri Wabup Kubar Hj Rupinah Effendi, unsur muspida, para kepala dinas dan kantor, camat dan muspika, petinggi, tokoh ulama, dan masyarakat. [ktp/www.hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Perempuan “Korban” Pelecehan Seks di Gereja Galang Dukungan

Perempuan “Korban” Pelecehan Seks di Gereja Galang Dukungan

Penetrasi Internet Indonesia Tertinggal dari Vietnam

Penetrasi Internet Indonesia Tertinggal dari Vietnam

Koalisi Dosen UNAIR Menolak Gelar Honoris Causa Muhaimin Iskandar

Koalisi Dosen UNAIR Menolak Gelar Honoris Causa Muhaimin Iskandar

API akan Gelar Tabligh Akbar  di Depan Pengadilan

API akan Gelar Tabligh Akbar di Depan Pengadilan

Zakat Harus Menjadi Gerakan Intelektual

Zakat Harus Menjadi Gerakan Intelektual

Baca Juga

Berita Lainnya