Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Bantuan Rp 4,4 Miliar3.700 Guru TPA Padang

Bagikan:

Hidayatullah.com–Lebih dari 3.700 guru mengaji di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) dan Madrasah Diniyah Awaliah (MDA) di Padang, Sumbar, memperoleh bantuan pemerintah kota (Pemkot) Padang Rp4,4 miliar atau Rp100 ribu/bulan per guru.

“Tiga ribuan lebih relawan guru mengaji itu dibantu guna menghargai pengabdiannya dan perjuangannya mendorong program pengembangan keagamaan di Padang,” kata Kabag Binsos Sekdako Padang, Sumbar, Zabendri di Padang, Jum’at [05/09] .

Padang memiliki 3.700 relawan guru mengaji masing-masing sebanyak 2.800 guru TPA, dan 900 guru MDA, yang berjuang dan bergiat di jalan Allah SWT, meningkat akhlak generasi muda dan mendukung suksesnya program tulis baca Al-Quran.

Ia mengatakan, bantuan sebesar Rp4,4 miliar APBD 2008 –masing-masing Rp100 ribu /bulan per guru itu, baru dicairkan semester pertama 2008 sebesar Rp2,2 miliar. “Sebagian dana yang dicairkan itu sudah diterima para relawan, dan sisanya akan disalurkan kembali hingga akhir Desember 2008,” katanya.

Mereka wajib dibantu Pemkot Padang, kendati masyarakat yang berdiam di sekitar kawasan masjid dan mushalla tersebut juga memberikan insentif serupa.

Karenanya bantuan tersebut, katanya, tetap dianggarkan tiap tahun guna mendorong percepatan program Pemkot Padang dalam meningkatkan kualitas iman, akhlak dan agama warga kota khususnya pelajar.

Pemkot Padang, kini, katanya lagi lebih gencar melaksanakan program peningkatan akhlak pelajar, terkait maraknya persoalan pindah agama dan keyakinan, kriminalitas di kalangan pelajar dan perbuatan menyimpang antara lain penyalahgunaan narkoba.

“Kasus tersebut, cukup mengkhwatirkan dan generasi muda berkualitas di Padang terancam ‘kehilangan generasi’, sehingga Pemkot terkait bertekad menggencarkan program peningkatan akhlak tersebut melalui kegiatan pesantren Ramadhan.

Tahun 2008, katanya, Pemkot Padang telah menganggarkan Rp2,5 miliar untuk mendorong suksesnya pesantren Ramadhan tersebut disamping itu Rp300 juta lainnya bagi peningkatan pembangunan fisik mushala. [bsr/www.hidayatullah.com]

Gambar wisuda para santri TPA. Foto oleh jamaatulhuda

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

MUI Sumbar: Haram Pilih Partai Penolak Perda Syariah

MUI Sumbar: Haram Pilih Partai Penolak Perda Syariah

Kisah Dai Pedalaman akan Tayang di TV Selama Ramadhan

Kisah Dai Pedalaman akan Tayang di TV Selama Ramadhan

Baznas Ingatkan Lembaga Zakat Harus Profesional Kelola Dana

Baznas Ingatkan Lembaga Zakat Harus Profesional Kelola Dana

Iklan Rokok Masih Boleh, Pemerintah Dinilai Biarkan Anak Jadi Perokok

Iklan Rokok Masih Boleh, Pemerintah Dinilai Biarkan Anak Jadi Perokok

30 Persen Mahasiswa UGM  dari Keluarga Tak Mampu

30 Persen Mahasiswa UGM dari Keluarga Tak Mampu

Baca Juga

Berita Lainnya