Rabu, 1 Desember 2021 / 25 Rabiul Akhir 1443 H

Nasional

Ribuan Orang Mengidap AIDS di Pulau Dewata

Bagikan:

ImageHidayatullah.com–Sebanyak 2.112 warga di berbagai daerah Pulau Dewata tercatat telah terjangkit virus HIV/AIDS yang antara lain ditularkan melalui hubungan seks bebas dan pemakaian jarum suntik secara bergantian.

Dari jumlah itu, 185 di antaranya diketahui telah meninggal dunia, sisanya masih dalam perawatan tersebar di beberapa rumah sakit di Bali, kata Koordinator Pokja Perencanaan, Monitoring dan Evaluasi Komisi Penangulangan AIDS (KPA) Bali, Prof Dr IDN Wirawan MPH, di Denpasar, Rabu.

Ia menyebutkan, jumlah korban meninggal dunia akibat virus yang mematikan itu diperkirakan akan terus bertambah, sehubungan kondisi para penderita umumnya telah begitu akut.

Selain dalam kondisi akut, masyarakat sekitar tempat tinggal para penderita juga masih menerapkan sistem diskriminasi dan stigma bagi para penyandang HIV/AIDS.

Akibatnya, kata Prof Wirawan, sulit bagi para penderita dapat menyesuaikan diri dan bertahan secara psikologis dalam menghadapi penyakitnya.

Dikatakan, para pengidap virus HIV akan menjadi lebih cepat meninggal dunia setelah lingkungan di sekitarnya kurang dapat memberi tempat tersendiri, sebagaimana layaknya para penderita jenis penyakit yang lain.

"Masyarakat kita masih menganggap bahwa penderita AIDS adalah orang yang terkutuk dan menakutkan, sehingga harus dijauhi serta diasingkan dari pergaulan sehari-hari," ucapnya.

Sikap masyarakat yang belum dapat menerima kehadiran penderita seperti itulah yang terbukti telah membuat penyakit mereka kian semakin parah hingga kemudian meninggal dunia, kata Wirawan.

Melihat itu, Wirawan mengharapkan masyarakat tidak lagi melihat penderita HIV/AIDS sebagai sesuatu yang menakutkan, mengingat virus tersebut hanya dapat menular lewat hubungan seks bebas dan cairan darah.

"Di luar itu, virus tidak dapat berpindah dari satu penderita ke calon penderita yang lainnya," katanya. [ant/www.hidayatullah.com]

Rep: Ahmad Sadzali
Editor: Ahmad Sadzali

Bagikan:

Berita Terkait

Kutuk Pengeboman, Muhammadiyah Dukung Sri Lanka Pulihkan Keadaan

Kutuk Pengeboman, Muhammadiyah Dukung Sri Lanka Pulihkan Keadaan

ekonomi syariah jawa timur

BPJPH: Sertifikasi Halal Dibutuhkan Pelaku Usaha sebagai Pelayanan terhadap Konsumen

Menuai Rumah Tuhan “ala Gereja Bethany”

Menuai Rumah Tuhan “ala Gereja Bethany”

PBNU Menilai Ahok Terbukti Menistakan Agama

PBNU Menilai Ahok Terbukti Menistakan Agama

Pemerintah Disebut Akan Publikasikan Draf RUU Cilaka Pekan ini

Pemerintah Disebut Akan Publikasikan Draf RUU Cilaka Pekan ini

Baca Juga

Berita Lainnya