Pelatihan Halal Internasional untuk LSH Luar Negeri

Pelatihan halal internasional untuk kategori flavor dan fragrance ini merupakan yang pertama dilaksanakan.

Pelatihan Halal Internasional untuk LSH Luar Negeri
LPPOM MUI

Terkait

Hidayatullah.com– Pelatihan halal internasional kembali digelar oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) bersama Indonesia Halal Training and Education Center (IHATEC).

Kegiatan ini juga merupakan kerja sama dengan Asosiasi Flavor and Fragrance Indonesia (AFFI) yang diadakan di Hotel Santika, Bogor, Jawa Barat, pada Senin kemarin hingga Kamis (11/07/2019).

Kegiatan kali ini merupakan pelatihan untuk auditor halal untuk kategori Lembaga Sertifikasi Halal (LSH) flavor dan fragrance dengan tajuk “International Training for Flavor and Fragrance Auditor of Halal Certifying Bodies (HCB)”.

Kepala IHATEC Ir Nur Wahid dalam laporannya mengatakan, pelatihan halal ini ditujukan sebagai pembekalan bagi para auditor dari berbagai LSH Luar Negeri mengenai persyaratan dan prosedur sertifikasi halal untuk kategori flavor dan fragrance.

Para peserta dipilih dari LSHLN yang telah diakui oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) berdasarkan kategori LSH flavor dan/atau yang sudah diakui untuk kategori raw material.

Mereka berjumlah 22 peserta dari 17 LSH yang merupakan perwakilan dari 12 negara, 4 benua.

“12 negara tersebut antara lain: Amerika, Inggris, Taiwan, Jerman, China, Australia, Belgia, Italia, Spanyol, Jepang, Belanda, Filipina,” jelas Nur Wahid lansir LPPOM MUI, Senin (08/07/2019).

Wakil Direktur LPPOM MUI Ir Muti Arintawati dalam sambutannya mengatakan, pelatihan halal internasional untuk kategori ini merupakan yang pertama dilaksanakan.

Ia menilai pelatihan ini penting, mengingat hampir semua pengolahan makanan, kosmetika ataupun personal care menggunakan flavor dan fragrance sebagai bahan baku ataupun tambahan dalam proses produksinya.

Oleh karena itu, Muti mengatakan, para auditor harus mengetahui dan memahami persyaratan bahan dan urgensi kehalalan flavor dan fragrance dalam sertifikasi halal.

“Para peserta diharapkan memahami hal tersebut, mengingat auditor merupakan ujung tombak dalam sertifikasi halal dalam memeriksa suatu produk dalam menentukan status kehalalannya,” tutup Muti.

Selain materi kelas, para peserta juga akan melakukan kunjungan ke perusahaan-perusahaan flavor dan fragrance yang tergabung dalam asosiasi AFFI, melihat langsung penerapan Sistem Jaminan Halal (SJH) di perusahaan itu.

Hasil dari kunjungan ini akan dijadikan materi untuk para peserta bermain peran (role play) simulasi audit, dimana peserta berperan sebagai auditor maupun auditee dalam suatu proses sertifikasi halal.*

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !