Pameran Halal Indhex 2018 Turut Berperan Memajukan UMKM

Sehingga UMKM diharapkan lebih dapat menggerakkan sektor riil yang amat dibutuhkan masyarakat.

Pameran Halal Indhex 2018 Turut Berperan Memajukan UMKM
lppom mui
Pembukaan 'Indonesia Halal Expo' (INDHEX) gelaran LPPOM MUI 2018 di gedung Smesco, Jakarta, Kamis (01/11/2018).

Terkait

Hidayatullah.com– Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) kembali menggelar acara pameran halal. Bertajuk “Indonesia Halal Expo” (INDHEX), pagelaran halal terbesar di Indonesia yang ke-8 ini diselenggarakan pada 1-3 November 2018 di Gedung Smesco, Jakarta.

Pada sambutan pembukaan, Direktur LPPOM MUI, Dr Ir Lukmanul Hakim mengemukakan, pameran halal ini diselenggarakan sebagai upaya implementasi misi Khidmatul-ummah, melayani umat Muslim khususnya, dengan menyediakan produk-produk yang terjamin kehalalannya dengan proses sertifikasi oleh MUI.

Juga misi Ri’ayatul-ummah, melindungi serta mengedukasi masyarakat dari mengkonsumsi atau terpapar dengan produk-produk yang tidak jelas kehalalannya.

Maka dengan pameran halal Indhex yang kedelapan kalinya ini diselenggarakan LPPOM MUI, sebagai upaya implementasi dari misi yang diemban MUI tersebut. Sekaligus juga sebagai upaya sosialisasi terhadap kiprah serta capaian lembaga umat ini, yang telah dilakukan selama ini.

“Selain itu, yang tak kalah pentingnya, pameran halal Indhex ini juga dimaksudkan bahwa LPPOM MUI turut berperan nyata dalam memajukan ‘Usaha Mikro Kecil dan Menengah’ (UMKM) agar dapat berkembang lebih lanjut,” tuturnya pada pembukaan Indhex yang disertai juga dengan penganugerahan “Halal Award” kepada beberapa perusahaan terpilih, termasuk beberapa Usaha UMKM, rilis LPPOM MUI, Jumat (02/11/2018).

Sehingga UMKM diharapkan lebih dapat menggerakkan sektor riil yang amat dibutuhkan masyarakat.

Pada gilirannya UMKM yang berkembang tentu dinilai akan dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak, dan berikutnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara nyata.

Pameran halal terbesar di Indonesia 2018 ini dibuka secara resmi oleh Menteri Koperasi dan UMKM Puspayoga.

Saat peresmian, Menteri Puspayoga mengemukakan, UMKM merupakan backbone, tulang punggung ekonomi Indonesia. Pada saat krisis tahun 1998 lalu, terjadi keterpurukan ekonomi nasional. Namun UMKM justru dapat bertahan, bahkan menyelamatkan ekonomi nasional.*

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !