Menag Minta BPJPH Kebut Penyelesaian Regulasi

Mulai 17 Oktober 2019, BPJPH sudah harus mengupayakan agar semua produk bahan makanan, obat-obatan, dan kosmetika sudah memiliki sertifikasi halal.

Menag Minta BPJPH Kebut Penyelesaian Regulasi
Boy
Menteri Agama memberikan arahan pada Rapat Kerja Nasional Badan Pengelola Jaminan Produk Halal (BPJPH) I di Jakarta, Rabu (17/10/2018).

Terkait

Hidayatullah.com– Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengingatkan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) terkait penyiapan regulasi.

Demikian dalam sambutan Menag pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) BPJPH untuk kali pertama.

Rakornas yang mengangkat tema “Halal Indonesia untuk Masyarakat Dunia” ini dihadiri Ketua Komisi VIII Ali Taher, Sekjen Kemenag, jajaran BPJPH, serta para Kakanwil Kemenag Provinsi dan Rektor PTKIN.

Baca: LPPOM MUI Raih Penghargaan MURI “Pertama Terapkan SJH”

Menurut Menag, setidaknya ada dua aturan yang harus diselesaikan. Pertama, Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Jaminan Produk Halal (JPH).

“Ini sudah masuk tahap finalisasi, menunggu persetujuan paraf dari beberapa Kementerian. Mudah-mudahan akhir bulan ini bisa segera dilahirkan,” terang Menag, di Jakarta, Rabu (17/10/2018) lansir Kemenag.

Baca: Pasal 65 UU JPH Dinilai Kadaluarsa

Kedua, turunan dari Peraturan Pemerintah, berupa sejumlah Peraturan Menteri Agama (PMA). Meski PP-nya belum terbit, BPJPH sudah harus mulai merancang rumusan substansi dari Rancangan PMA-nya.

“Ini sedang berlangsung. Jika progresnya ada kendala, tempuh cara lain untuk percepatan akselerasi dari pembuatan PMA ini,” pintanya.

Selain kedua regulasi tersebut, Menag juga minta agar Sistem Informasi Halal (Si Halal) berjalan efektif. Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah semua pemangku kepentingan terkait kepentingan sertifikasi halal.

Baca: BPJPH Akui Belum Dapat Berfungsi, Bantah Tidak Bekerja

BPJPH lahir sebagai amanah dari Undang-Undang No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Mulai 17 Oktober 2019, BPJPH sudah harus mengupayakan agar semua produk bahan makanan, obat-obatan, dan kosmetika sudah memiliki sertifikasi halal.

“Perintah Undang-Undang selambatnya akhir tahun ini, target yang menjadi modal melangkah awal di tahun 2019, sudah tercapai. Sebab, sampai akhir September 2019 akan banyak permintaan hingga ribuan dari sejumlah kalangan untuk dapat sertifikasi itu,” kata Menag.

Baca: Halal Watch: Jaminan Produk Halal Mendesak Diberlakukan

Dengan tugas berat ini, Menag mengumpamakan BPJPH laksana bayi yang dipaksa berlari.

“Usia bayi itu adalah merangkak. Untuk BPJPH, harus berlari, bagaimanapun caranya,” tandasnya.*

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !