Vaksin MR Belum Bersertifikat Halal, Menkes: Imunisasi Tetap Berjalan

Kemenkes katanya juga akan kembali menyurati Serum Institute of India untuk menanyakan tentang bahan-bahan vaksin tersebut.

Vaksin MR Belum Bersertifikat Halal, Menkes: Imunisasi Tetap Berjalan
andi/hidayatullah.com
Menteri Kesehatan, Nila Djuwita Moeloek, di kantor MUI, Jakarta, Jumat (03/08/2018).

Terkait

Hidayatullah.com– Kementerian Kesehatan (Kemenkes), PT Biofarma, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) bertemu hari ini, Jumat (03/08/2018) di lantai dua kantor MUI Pusat, Jakarta. Mereka membahas tentang status vaksin Measles Rubella (MR).

Vaksin yang diimpor dari India tersebut diketahui hingga saat ini belum bersertifikat halal. Namun begitu, Menteri Kesehatan, Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, memastikan Kemenkes akan tetap melaksanakan imunisasi vaksin MR kepada orang yang tidak mempermasalahkan kehalalannya.

Baca: Polemik Vaksin MR Belum Bersertifikat Halal, Ini Respons Menkes

“Karena apapun juga sebagai kesehatan, tentu kami tetap harus melindungi masyarakat dari penyakit-penyakit,” ucapnya kepada awak media termasuk hidayatullah.com usai pertemuan tersebut.

Tapi bagi yang mempermasalahkan kehalalan vaksin itu, Nila Moeloek membolehkan mereka untuk tidak melakukan imunisasi. “Boleh. Menunggu fatwa dari MUI. Insya Allah dalam waktu yang tidak terlalu lama,” ujarnya.

Baca: DPR Desak Kemenkes Pastikan Vaksin Rubella Disertifikasi Halal

PT Biofarma selaku yang mengimpor vaksin itu, kata Nila, akan mengulang kembali pengiriman dokumen kepada LPPOM MUI untuk mengurus sertifikasi halal.

Kemenkes katanya juga akan kembali menyurati Serum Institute of India untuk menanyakan tentang bahan-bahan vaksin tersebut. Tahun lalu, suratnya belum mendapat respons.* Andi

Baca: Upaya Adakan Vaksin Halal, MUI Wajibkan Pemerintah dan Produsen

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !