Rabu, 26 Januari 2022 / 22 Jumadil Akhir 1443 H

Info Halal

Halal World Summit di Istanbul Bahas Dewan Akreditasi Halal Global

Bagikan:

Hidayatullah.com— World Halal Summit Instanbul (WHSI) dan OKI Halal Expo ke-5 tahun 2017 untuk pertama kali diadakan di Istanbul Turki  membahas berbagai tema dalam industri halal yang dihadiri sekitar 80 negara.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan pengelolaan sertifikasi halal melalui satu lembaga tertentu penting bagi umat Muslim seluruh dunia.

Badan akreditasi halal nanti siap melayani konsumen Muslim di seluruh dunia. Dalam acara ini juga dibahas perlunya sistem akreditasi halal dan dewan akreditasi halal global (Halal Accreditation Authority/HAK).

Baca: Turki akan Dirikan Lembaga Akreditasi Halal

Forum halal dunia ini menyedot ratusan pembicara, peserta seminar dan peserta pameran  membahas masalah seputar industri halal meliputi; makanan halal, farmasi dan obat-obatan,  keuangan syariah, pariwisata halal dan tekstil halal.

Di sesi workshop keuangan mikro syariah, pembicara yang hadir antara lain Monowar Hussain Badrudduza dari Assembly for Justice and Development Inggris, M. Nabil Ghalleb dari Zitouna Tamkeen Tunisia, Mehmet Siddik Yurtcicek dari BAFIN Turki, Richard Chignell dari Waqf World Growth Foundation Malaysia. Adapun penanggung jawab acara workshop ini adalah AlHuda Centre of Islamic Banking ang Economics, Pakistan.

Ketua STEI Tazkia, Murniati Mukhlisin (berkacamata)

Ketua STEI Tazkia, Murniati Mukhlisin dan dosen STEI Tazkia, Kholifah Khusaeri yang hadir sebagai peserta asal Indonesia mengatakan bahwa kehadiran mereka karena undangan.

Baca: Institut Halal Turki akan Didirikan untuk Penuhi Produk Halal

Murniati menyayangkan bahwa tidak ada pembicara dari Indonesia yang diundang ke acara ini. Dia mengharapkan agar lembaga keuangan mikro syariah makin banyak menjalin jaringan internasional supaya dapat saling bertukar pengalaman dan kepakaran.

Sebagaimana diketahui, World Halal Summit Instanbul (WHSI) dan Halal Expo 2017 yang menghadirkan peserta -dari negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) akan digelar dari tanggal 23 hingga 25 November 2017 di Istanbul, Turki.

Untuk Halal Expo, tahun ini merupakan gelaran yang kelima kalinya dilaksanakan. Lebih dari 7500 orang dan 150 merek, institusi dan organisasi yang aktif dalam industri makanan halal, wisata Islami, keuangan Islam, kosmetik dan farmasi halal akan hadir meramaikan even besar tersebut.*

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

MUI Ingatkan Perpanjang Sertifikat Halal yang Sudah Tak Berlaku

MUI Ingatkan Perpanjang Sertifikat Halal yang Sudah Tak Berlaku

PP Jaminan Produk Halal Terbit, Sertifikasi Diterapkan Secara Bertahap

PP Jaminan Produk Halal Terbit, Sertifikasi Diterapkan Secara Bertahap

Bidang Fatwa MUI: RUU Cipta Kerja Mencederai Prinsip Keagamaan

Bidang Fatwa MUI: RUU Cipta Kerja Mencederai Prinsip Keagamaan

LSP MUI Akan Kembangkan Uji Kompetensi Industri Syariah dan Halal

LSP MUI Akan Kembangkan Uji Kompetensi Industri Syariah dan Halal

Cuka Buah Kesukaan Rasulullah ﷺ

Cuka Buah Kesukaan Rasulullah ﷺ

Baca Juga

Berita Lainnya