Ini Alasan Mendasar LPPOM MUI Bentuk LSP

Secara filosofis ada di dalam al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 30-33 dan Hadits Nabi. "Allah menciptakan manusia sebagai khalifah di bumi melalui 'uji kompetensi' serta Hadits tentang pengangkatan Muadz bin Jabal yang melalui 'uji kompetensi'," kata Ketua LSP LPPOM MUI Nurwahid.

Ini Alasan Mendasar LPPOM MUI Bentuk LSP
halalmui.org
Sertifikat Lisensi LSP LPPOM MUI dari BNSP.

Terkait

Hidayatullah.com– Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dibentuk oleh Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI atas 3 alasan mendasar.

Hal itu disampaikan oleh Ketua LSP LPPOM MUI Nurwahid dalam acara sosialisasi LSP tersebut di Gedung MUI Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11/04/2017).

“Alasannya adalah fungsional, yuridis, dan filosofis,” katanya.

Baca: Lembaga Sertifikasi Profesi LPPOM MUI Perkuat Jaminan Produk Halal

Secara fungsional, Nurwahid menjelaskan bahwa berdasarkan Sistem Jaminan Halal (SJH) penyelia harus mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi.

Secara yuridis, lanjutnya, ada dua pasal yang menjadi acuan dalam pembentukan LSP ini.

“Bahwa perusahaan wajib memiliki penyelia halal dalam pasal 24 poin c, serta mempunyai persyaratan penyelia halal dalam pasal 28,” terang Nurwahid.

Baca: Satu-satunya, LSP LPPOM MUI Peroleh Sertifikat Lisensi BNSP

Terakhir, katanya, secara filosofis ada di dalam al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 30-33 dan Hadits Nabi.

“Allah menciptakan manusia sebagai khalifah di bumi melalui ‘uji kompetensi’ serta Hadits tentang pengangkatan Muadz bin Jabal yang melalui ‘uji kompetensi’,” tandasnya.* Ali Muhtadin

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !