Ajudan Dekat Jenderal Qassem Soleimani Tewas di Suriah

Kematian Soleimani dan Bashpour merupakan kerugian serius bagi Iran di Suriah, ketika rezim Bashar al-Assad yang mereka dukung mendapatkan kemajuan di wilayah itu

Ajudan Dekat Jenderal Qassem Soleimani Tewas di Suriah
MEMO
Asghar Bashpour, ajudan dekat Jenderal Qassem Soleimani

Terkait

Hidayatullah.com – Seorang perwira senior Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) telah terbunuh di dekat Aleppo di barat laut Suriah, hal itu dilaporkan oleh media pemerintah Iran. Asghar Bashpour adalah ajudan dekat Jenderal Qassem Soleimani, yang dibunuh oleh AS pada bulan lalu lapor Middle East Monitor, Selasa (04/02/2020).

Bashpour terbunuh dalam operasi militer besar oleh pasukan rezim Suriah dan sekutu milisi Iran mereka terhadap kelompok oposisi di kota penting itu, serta di provinsi tetangganya, Idlib.

Berasal dari kota Ray, di sebelah selatan Teheran, Bashpour adalah salah satu perwira pertama yang menemani Soleimani ketika dia menempatkan elite IRGC di Suriah sejak awal perang sipil yang telah berlangsung sembilan tahun. Dia secara khusus bertanggung jawab untuk melakukan dan mengawasi semua operasi Pasukan Khusus dukungan Iran itu di negara tersebut, perannya semakin menonjol sejak kematian Soleimani.

Rincian kematian Bashpour tidak diungkapkan. Kemungkinan, dia terbunuh ketika bertempur dengan oposisi dari Partai Islam Turkistan (TIP), atau oleh serangan rudal oposisi di markas IRGC di Nayrab, Aleppo Selatan.

Kematian Soleimani dan Bashpour merupakan kerugian serius bagi Iran di Suriah, ketika rezim Bashar al-Assad yang mereka dukung mendapatkan kemajuan di wilayah itu. Pekan lalu, pasukan rezim dan sekutu afiliasi mereka merebut kota terbesar kedua di provinsi Idlib, Maarat Al-Nu’man, terletak di jalan raya besar M5 yang menghubungkan Aleppo dengan ibu kota Damaskus.

Dengan kemenangan penting ini, serta fakta bahwa pasukan rezim dan sekutu mereka merebut sepuluh kota dan desa dalam waktu kurang dari 48 jam – diikuti oleh puluhan kota lainnya – mereka diperkirakan akan terus semakin dekat dengan Idlib, benteng besar terakhir oposisi di Suriah.

Dengan lebih banyak provinsi direbut oleh rezim, yang menyebabkan banyak warga negaranya sekali lagi menjadi korban penindasan dan penyiksaan, Idlib telah lama menjadi perhatian Assad. Namun, sepanjang tahun lalu, sedikit kemajuan yang dicapai untuk merebutnya dari oposisi hingga pasukan darat Rusia dan Iran terlibat, membantu Assad merebut semakin banyak provinsi.*

Rep: Nashirul Haq

Editor:

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !