Orang-Orang yang Meraup Kekayaan dari Perang Suriah [2]

Pialang-pialang kekuasaan yang bermunculan sebagian besar adalah pedagang yang berkembang pesat dalam ekonomi perang

Orang-Orang yang Meraup Kekayaan dari Perang Suriah [2]

Terkait

Sambungan halaman PERTAMA

SELAMA bertahun-tahun, keluarga Assad tidak punya banyak alasan untuk mengekang dugaan korupsi Rami Makhlouf. Para pengusaha Suriah sangat khawatir tentang pengambilalihan paksa olehnya sehingga mereka akan mengorbankan pertumbuhan untuk membuat pergantian mereka kurang menarik. “Kami biasa berdiskusi sepanjang waktu – haruskah kita tumbuh? Karena jika kita melakukannya, kita berisiko menjadi terlalu besar dan menjadi target, ”kata Mazen.

“Jika [Rami] iri dengan salah satu perusahaanmu, dia akan menghancurkanmu,” kata Nicolas, seorang pengusaha Aleppo yang sekarang tinggal di luar negeri.

Tetapi hari ini ada bisikan-bisikan bahwa bahkan Makhlouf yang tidak tersentuh pun mungkin tidak aman. Pengusaha dan analis Suriah mengatakan dia dipaksa untuk menyerahkan sebagian dari kekaisarannya ketika Bashar Assad mengkonsolidasikan kontrol negara dan sekali lagi menata kembali ekonomi sewanya.

Ini termasuk bagian terbesar Makhlouf dari Syriatel dan yayasan Bustan-nya yang kuat, di mana posisi eksekutif dikatakan telah diisi oleh manajer yang terkait dengan Asma Assad.

“Pada intinya, ini tentang perebutan aset untuk rezim,” kata seorang diplomat Eropa tentang langkah Syriatel, menambahkan itu konsisten dengan upaya presiden untuk mengkonsolidasikan kekuasaan. Syriatel tidak menanggapi permintaan komentar.

Baca:  Sepupu Assad: Rezim telah Membunuh Lebih dari 500.000 Rakyat Suriah

“Beberapa minggu mendatang akan mengungkapkan nama-nama mengejutkan,” kata Imad Khamis, perdana menteri Suriah, mengomentari penyelidikan dugaan korupsi selama sesi parlemen baru-baru ini, menambahkan: “Tidak ada yang di atas hukum.”

“Paling tidak apa yang terjadi pada Makhlouf adalah peringatan yang sangat jelas dari Bashar,” kata Jihad Yazji, editor situs spesialis bisnis Syria Report. “Tentu saja ini adalah akhir dari hubungan yang sangat istimewa yang ia miliki dengan [presiden].”

Menurut Yazji, dugaan tindakan terhadap Makhlouf menandai perubahan signifikan di puncak ekonomi Suriah, menuju para pencari keuntungan yang lebih baru yang telah membantu rezim dan menemukan peluang dalam kekacauan perang.

Four Seasons menjulang di Damaskus seperti kastil. Hotel mewah paling terkenal di kota itu telah diperkuat oleh PBB, yang stafnya tinggal di sana selama perang. Kamar mulai dari € 487 per malam dengan junior suite seharga € 718. Pegawai pemerintah Suriah berpenghasilan sekitar € 36 sebulan.

Tahun lalu hotel dibeli dengan jumlah yang tidak diungkapkan dari pangeran Arab Saudi Alwaleed bin Talal. Pembeli itu adalah pedagang Suriah yang sebelumnya kurang dikenal bernama Samer Foz.

Foz, pria Sunni berusia 46 tahun dari wilayah pesisir Suriah, telah menjadi identik dengan kekayaan modern negara itu. Pialang-pialang kekuasaan yang bermunculan sebagian besar adalah pedagang yang berkembang pesat dalam ekonomi perang di mana produksinya telah jatuh, yang berarti lebih banyak barang yang perlu diimpor atau diselundupkan dari luar.

Pada awal perang, satu-satunya keuntungan Foz tampaknya adalah paspor Turki. “Sebelum perang, tidak ada yang pernah mendengar tentang Samer Foz ini,” kata Rana, seorang pemilik bisnis Damaskus. Tetapi Foz, yang telah belajar di Universitas Amerika di Paris, akan menggunakan asetnya untuk keuntungan terbaik mereka.

“Karakteristik utama dari nama-nama baru ini adalah peran mereka sebagai perantara rezim,” kata Joseph Daher. Dikelilingi oleh larangan barat untuk menjual minyak, rezim Assad harus menggunakan perantara untuk menemukan mitra asing. Keahlian Foz untuk membuat kesepakatan dan kemampuan untuk melakukan perjalanan ke luar Suriah menempatkannya dalam kemurahan hati keluarga Assad.

Baca: Lebih 7000 Penduduk Dua Perkampungan Syiah di Suriah harus Dipindah

Menikmati kekosongan persaingan ketika bisnis lain tutup, ia berkembang dari bahan makanan pokok hingga impor penting lainnya dan layanan ladang minyak, yang semuanya membuatnya semakin penting bagi presiden. Kerajaan bisnisnya tumbuh pesat mulai tahun 2015 dan seterusnya ketika ia mengambil aset yang menderita.

Foz adalah ketua dan manajer umum Aman Holdings, yang situs web perusahaannya menyatakan: “Kami adalah perusahaan dagang terdiversifikasi terbesar di negara ini dan memiliki jaringan pemasok yang strategis di berbagai negara.”

Portofolio ini mencakup pabrik gula dan pabrik tepung, pabrik perakitan mobil, pabrik peleburan besi dan rolling baja, ditopang oleh beberapa bank Suriah, pabrik farmasi, dan perusahaan pembuat kabel yang dibeli Foz setelah pemilik sebelumnya tidak disukai oleh Assad .

Berdandan ala Wall Street dengan rambut rata berminyak, Foz tidak membatasi dirinya di negaranya yang dilanda perang. Sebuah jet kecil dengan tulisan “FOZ” di bagian ekor telah terlihat berpindah-pindah antara Suriah, Libanon dan ibukota Eropa pada akhir April tahun ini – Panama Papers menghubungkan pesawat itu dengan seseorang bernama Samer Foz.

Dia memiliki perusahaan media di Lebanon dan mengatakan kepada majalah Arabisk bahwa dia memiliki tambang emas di Ankara selatan, Turki, dan pengembangan hotel bintang lima di Bodrum.

Sementara Foz tampaknya menikmati dukungan Bashar, dia belum disukai oleh semua orang di keluarga besar Assad. Surat kabar Rami Makhlouf, Al Watan, telah menerbitkan serangkaian artikel tahun ini yang secara tidak langsung mengkritik kesepakatan Foz.

“Saya kira itu gejala lama anak baru di blok itu,” kata Hani, seorang pemilik bisnis yang mengenal Foz. “Gaya mafia. Jika seseorang bergerak di wilayah Anda, Anda membalas. ”

Untuk sebagian besar perang, Foz menghindari nasib taipan Suriah lainnya – terkena sanksi internasional. “Jika saya dikenai sanksi, PBB harus dikenai sanksi,” katanya kepada The Wall Street Journal pada tahun 2018. [BERSAMBUNG]

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !